Scroll untuk baca artikel
Ads
Hukum dan KriminalInfo TNI

Pangkogabwilhan: Tim gabungan dikerahkan pulihkan keamanan di Homeyo

×

Pangkogabwilhan: Tim gabungan dikerahkan pulihkan keamanan di Homeyo

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) – Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard TH Tampubolon mengatakan bahwa saat ini tim gabungan TNI dan Polri sudah berada di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah untuk memulihkan keamanan di wilayah itu dari gangguan OPM.

“Tim gabungan pada Jumat pagi telah tiba  dan saat ini pemulihan keamanan sedang dilaksanakan,” kata Pangkogabwilhan III  dalam keterangan, Jumat.

Ads

Tim gabungan yang dikerahkan itu berada dalam Satuan Tugas Komando Operasi TNI Habema dan Satgas Nanggala Damai Cartenz.

OPM sejak Selasa (30/4) melancarkan aksi penyerangan dengan menembaki Polsek Homeyo hingga menewaskan seorang warga sipil.

Pada Rabu (1/5), OPM kembali melakukan aksinya membakar SDN Inpres yang ada di wilayah itu.

Akibat penyerangan yang dilakukan OPM, warga di wilayah itu mengungsi karena ketakutan sehingga aktivitas masyarakat lumpuh.

“Operasi penindakan terhadap OPM di wilayah Distrik Homeyo dilakukan untuk menciptakan keamanan wilayah,” kata Panglima Kogabwilhan III.

Distrik Homeyo dapat dijangkau dengan terbang dari Timika sekitar 25 menit, atau berjalan kaki dari Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya selama seharian.

 

Ads