Ads
Hukum dan KriminalInfo TNI

Satgas RI-PNG Yonif 122 tingkatkan patroli antisipasi penyelundupan amunisi

×

Satgas RI-PNG Yonif 122 tingkatkan patroli antisipasi penyelundupan amunisi

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) – Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti meningkatkan kewaspadaan di kawasan perbatasan dengan melakukan patroli gabungan secara berkala guna mengantisipasi terjadinya penyelundupan amunisi melalui daerah tersebut.

Dansatgas Yonif 122/TS Letkol Inf Diki Apriyadi dalam siaran pers yang diterima TORANGBISA di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya meminta kepada seluruh personel agar tidak ragu dalam melakukan tindakan hukum kepada siapapun yang terdapat membawa masuk amunisi dari PNG ke Indonesia maupun sebaliknya.

Ads

“Hal ini dilakukan karena pada Sabtu (4/5), kami bersama Bea Cukai Jayapura berhasil mengungkap upaya jual beli dan penyelundupan amunisi yang dilakukan oleh warga PNG Sino Joyce (41),” katanya.

Menurut Diki, pengungkapan upaya jual beli amunisi berawal dari pemeriksaan yang dilakukan pihak Bea Cukai di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura sehingga menemukan 2 butir munisi jenis Kaliber 5,56 milimeter.

Dia menjelaskan dari jenis amunisi yang ditemukan diperkirakan bukan merupakan buatan PT Pindad dengan tanda pada lot munisi berbeda dari PT Pindad di mana tertulis di selongsong 311-16 yang diduga buatan 2016 dengan kode 113.

“Selain dua butir amunisi ditemukan lima buah ID Card dan lima handphone buatan China, dua dompet, dua tas Noken dan uang sebanyak 700 Kina (mata uang PNG),” ujarnya.

Dia menambahkan setelah itu, pihak Bea Cukai langsung melakukan koordinasi dengan Yonif 122/TS untuk langsung menangkap pelaku beserta menyita barang bukti tersebut.

“Kemudian menyerahkan pelaku dan barang bukti kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS di Pos Komando Utama Skouw untuk diperiksa dan penyelidikan lebih lanjut,” katanya lagi.

Ads