Hukum dan Kriminal

Polres Jayapura Pastikan 139 Kampung Melaksanakan Pemilu dengan Aman

×

Polres Jayapura Pastikan 139 Kampung Melaksanakan Pemilu dengan Aman

Sebarkan artikel ini
 

JAYAPURA, (torangbisa.com) — Kepolisian Resor (Polres) Jayapura memastikan 139 kampung dan lima kelurahan di Kabupaten Jayapura, Papua, dapat melaksanakan pemilihan umum (pemilu) 2024 dengan aman dan lancar.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani, Senin mengatakan titik rawan di Kampung Karya Bumi Besum sudah dipastikan aman dan proses pemilihan dapat berlangsung baik.

Ads

“Kampung Karya Bumi Besum karena kemarin ada insiden sehingga agak sedikit mengganggu kalender kamtibmas, tetapi dengan berjalan waktu situasi di kampung tersebut sudah dipastikan aman,” katanya.

Menurut Dia, Distrik Demta yang sempat terjadi bentrokan antardua kampung pun kondisi saat ini sudah sangat kondusif.

“Tokoh adat, masyarakat di wilayah itu telah sepakat berdamai dan akan membantu aparat keamanan TNI-Polri dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan damai,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan peran aktif seluruh elemen masyarakat di 139 kampung, lima kelurahan dan dukungan anggota Polsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa maka saat ini Kabupaten Jayapura telah siap mensukseskan pemilu pada 14 Februari 2024.

“Kami dari pihak kepolisian mengharapkan untuk situasi seperti ini terus terjaga dan terpelihara hingga pelaksanaan pemilu selesai,” katanya.

Dia menambahkan ada beberapa wilayah yang medannya cukup berat pendistribusian logistik pemilu nanti.

“Ini mungkin menjadi atensi lebih dari kami, sehingga dapat dipastikan saat pendistribusian logistik tidak akan terjadi masalah dan logistik pemilu dapat sampai ke lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dengan baik,” ujarnya.

Dia menyebut empat kampung di Kabupaten Jayapura, yakni Distrik Airu, Distrik Ravenirara, Distrik Yokari, Distri Kaureh, dan Distrik Yapsi mungkin agak sedikit berat saat pendistribusian logistik pemilu pada H-3 atau 11 Februari 2024 karena harus melewati sungai, laut dan medan jalan yang berat, apalagi musim hujan.