Scroll untuk baca artikel
Ads
Hukum dan Kriminal

Polres Jayapura: Operasi ketupat Cartenz berjalan aman dan lancar di Jayapura

×

Polres Jayapura: Operasi ketupat Cartenz berjalan aman dan lancar di Jayapura

Sebarkan artikel ini

Sentani, (TORANGBISA) – Kepolisian Resor (Polres) Jayapura, Papua menyatakan operasi ketupat Cartenz 2024 berjalan dengan aman dan lancar hingga Lebaran enam hari di daerah setempat.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani, Selasa mengatakan sejauh ini tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang berarti sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi di Jayapura aman.

Ads

“Puji Tuhan, perayaan Lebaran di Kabupaten Jayapura kondisi kamtibmas aman dan kondusif sehingga umat Muslim dapat merayakan hari keagamaannya dengan suka cita,” katanya.

Menurut kapolres, kondisi kamtibmas yang kondusif seperti ini merupakan bentuk ikatan kerukunan antar-umat beragama yang begitu tinggi di Kabupaten Jayapura.

“Kami sebagai aparat keamanan mengucapkan terima kasih kepada forum kerukunan umat beragama (FKUB), tokoh adat, masyarakat, paguyuban yang mampu mengikat ikatan toleransi begitu kuat sehingga kondisi kamtibmas terus terjaga,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihak akan terus mendorong FKUB bersama tokoh adat dan masyarakat untuk membuat sosialisasi kerukunan sehingga sepanjang tahun ini tidak terjadi gejolak apapun yang memecah nilai-nilai kesatuan dan persatuan bangsa.

“Laporan anggota dari setiap Polsek sepanjang perayaan Lebaran sangat aman, bagaimana terjadi kerukunan yang begitu erat, umat Nasrani berkunjung ke umat Muslim dan itu berlangsung di semua wilayah Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan arus lalu lintas pun tercatat padat dan lancar di daerah perkotaan sepanjang arus balik Lebaran 2024.

“Kami sudah instruksikan kepada kepala satuan lalu lintas (kasat lantas) untuk selalu bersiap atau stand by selama arus balik Lebaran sehingga tidak menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Ads