Info Terbaru

Tokoh adat Papua harap masyarakat menjaga kamtibmas Jayapura

×

Tokoh adat Papua harap masyarakat menjaga kamtibmas Jayapura

Sebarkan artikel ini
 



Sentani (TORANGBISA) – Tokoh Adat Papua Yanto Eluay meminta masyarakat dapat menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Jayapura yang saat masih suasana perayaan Natal 2023.

“Imbauan ini kami lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika jenazah almarhum Bapak Lukas Enembe tiba di Bandara Sentani dan diarak oleh keluarga beliau,” kata Tokoh Adat Papua Yanto Eluay saat dihubungi TORANGBISA di Sentani, Selasa.

Ads

Menurut Eluay, Kabupaten Jayapura adalah rumah besar bagi semua masyarakat dari berbagai suku di Indonesia sehingga keharmonisan dan kedamaian itu tetap dijaga.

“Ini masih suasana Natal sehingga kedamaian dan suka cita kelahiran Kristus patut kita syukuri dan hayati sebagai introspeksi diri ke depan, kedamaian harus kita jaga di sini,” ujarnya.

Dia menjelaskan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, persaudaraan, kedamaian, serta cita kasih.

Baca juga: Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia

“Siapapun dia orang yang datang dan tinggal di Kabupaten Jayapura harus menghargai nilai-nilai luhur masyarakat adat di sini dengan tetap menjaga kedamaian. Apalagi ini masih suasana Natal,” katanya.

Dia menambahkan Tuhan yang memberi nafas kehidupan sehingga kapan saja diambil, harus tabah dan ikhlas atas takdir kehendak yang maha kuasa.

“Jangan ada masyarakat yang menganggap hidup dan mati manusia ditentukan oleh manusia lainnya, itu salah. Karena setiap yang bernyawa pasti akan meninggal dengan caranya masing-masing sebab telah digariskan oleh Allah,” ujarnya.

Imbauan disampaikan karena Yanto Eluay khawatir saat penjemputan jenazah almarhum Lukas Enembe di Bandara Sentani dan diarak ke tempat disemayamkan akan terjadi anarkis dan perusakan fasilitas umum oleh keluarga maupun simpatisan almarhum.

Baca juga: KPK: Lukas Enembe meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSPAD

Baca juga: Aksi demo Save Gubernur Papua Lukas Enembe berjalan kondusif

 

Berita ini telah tayang di TORANGBISAnews.com dengan judul: Lukas Enembe meninggal dunia, tokoh adat imbau jaga kamtibmas Jayapura