Info TerbaruPrakiraan Cuaca

Suhu Panas akibat El Nino diprediksi sampai Februari

×

Suhu Panas akibat El Nino diprediksi sampai Februari

Sebarkan artikel ini
 

JAYAPURA, (torangbisa.com) – BMKG Wilayah V Jayapura menyatakan suhu panas yang saat ini dirasakan warga Kota Jayapura serta beberapa wilayah lainnya di Papua diprediksi berlangsung hingga bulan Februari mendatang.

“Cuaca panas itu disebabkan oleh adanya fenomena El-nino yang menyebabkan pengurangan hujan di wilayah Indonesia termasuk Papua sehingga suhu udara menjadi meningkat, ” jelas Prakirawan cuaca BBMKG wilayah V Syatira F. Azizah kepada TORANGBISA, Sabtu di Jayapura.

Ads

Dikatakannya suhu panas yang akhir-akhir ini terjadi karena tidak adanya pertumbuhan awan hujan yang menjadi peneduh.

“Jika dilihat dari faktor angin dan labilitas udara memang tidak mendukung terbentuknya awan hujan di beberapa wilayah di Papua.”

Selama sepekan terakhir suhu tertinggi tercatat di Boven Digoel, Papua Selatan hingga tanggal 3 Januari tercatat 36.6 derajat celcius. Sedangkan di wilayah Jayapura suhu maksimum tertinggi tercatat 33.8 derajat Celcius pada 28 Desember 2023.

Untuk prakiraan cuaca tiga hari ke depan, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah kota dan kabupaten Jayapura pada sore dan malam hari, kata Syatira F. Azizah.