Scroll untuk baca artikel
Ads
Halo PolisiPapua Terkini

Situasi Kondusif pasca Kericuhan, Polisi Fasilitasi Kepulangan Pengungsi Warga Karya Bumi Besum 

×

Situasi Kondusif pasca Kericuhan, Polisi Fasilitasi Kepulangan Pengungsi Warga Karya Bumi Besum 

Sebarkan artikel ini

JAYAPURA, (torangbisa.com) – Puluhan kendaraan dinas milik polres Jayapura dan Brimobda Polda Papua fasilitasi kepulangan ratusan pengungsi yang mengamankan diri akibat konflik sosial yang terjadi pada 1 Januari 2024.

Proses pemulangan tersebut dilakukan secara bergantian, mengangkut para pengungsi dari posko di Distrik Nimbokrang untuk kembali ke kediaman mereka di Kampung Karya Bumi Besum, Sabtu (6/1/2024).

Ads

Pemulangan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sehari sebelumnya antara Forkopimda, Tokoh Adat, Masyarakat, keluarga korban alm. Daud Bano, serta aspirasi dari dewan adat Grime Nawa Sadrak Wamebu.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.I.K., M.H, membenarkan bahwa pemulangan dilakukan sebagai bagian dari upaya perdamaian.

Ia menyampaikan, sebanyak 850 pengungsi dipulangkan dalam kegiatan yang diawasi langsung oleh para pemimpin lokal dan aparat keamanan, termasuk Asisten Bidang III Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura dan Kabag Ops Polres Jayapura, Kompol Septen P. Sianturi, S.H.

“Walaupun situasinya sempat kondusif, namun kami tetap melakukan pengamanan dengan menyiagakan ratusan personel gabungan Polres Jayapura, BKO Brimob Polda Papua, serta TNI di Kampung Karya Bumi untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan yang dapat memanas,” ujar Kapolres.

AKBP Fredrickus mengungkapkan bahwa masih ada 43 pengungsi yang belum mau pulang karena trauma atas peristiwa yang terjadi.

“Pihak Kepolisian menghimbau agar masyarakat, khususnya warga Kampung Karya Bumi, dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan terus menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman,” tuturnya.

 

Ads