Info Terbaru

RSUD Mimika menangani 364 kasus DBD selama 2023

×

RSUD Mimika menangani 364 kasus DBD selama 2023

Sebarkan artikel ini
 



Timika (TORANGBISA) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah selama periode Januari hingga November 2023 menangani 364 kasus demam berdarah dengue (DBD).

Direktur RSUD Kabupaten Mimika Antonius Pasulu di Timika, Selasa, mengatakan sampai awal Desember masih ada delapan pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Ads

“Bulan ini ada delapan yang kami rawat, yakni enam dewasa dan dua anak. Harapannya mereka segera sembuh setelah menjalani perawatan,” katanya.

Ia mengatakan puncak tertinggi kasus DBD yakni pada Mei 2023 sebanyak 46 kasus, kemudian berangsur-angsur turun hingga saat ini.

“Pada Mei 2023 ada 46 kasus DBD, kemudian di November menjadi 28 kasus, memang datanya menurun tetapi untuk kasusnya masih ada,” ujarnya.

Dia mengungkapkan pada Februari 2023 ada satu orang yang meninggal dunia karena tidak segera datang ke rumah sakit untuk berobat.

“Memang saat melakukan pemeriksaan di RSUD pasien tersebut sudah dalam kondisi dengue shock sindroma (DSS),” katanya lagi.

Dia menambahkan proses terjadinya DSS pada kasus DBD umumnya berlangsung selama dua hingga tujuh hari dan menurun setelahnya.

“Yang dikhawatirkan yakni justru komplikasi yang terjadi pada fase ini,” ujarnya.