Ekonomi

Pemkab Jayapura tingkatkan pengelolaan objek wisata pada 2024

×

Pemkab Jayapura tingkatkan pengelolaan objek wisata pada 2024

Sebarkan artikel ini
 



Sentani (TORANGBISA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua akan meningkatkan pengelolaan objek wisata pada 2024 untuk menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay, di Sentani, Rabu, mengatakan peningkatan pengelolaan akan dilakukan berupa pelatihan dan sosialisasi.

Ads

“Kami berharap dengan pelatihan dan sosialisasi pelaku pariwisata yang merupakan pemilik lokasi bisa mengembangkan potensi wisata untuk kesejahteraan keluarga mereka,” katanya.

Menurut Ted, objek wisata di Kabupaten Jayapura sangat banyak, sehingga dengan alokasi APBD setiap tahunnya berkisar Rp10 miliar-Rp11 miliar dirasakan kurang.

“Anggaran tersebut sudah termasuk belanja pegawai, sehingga sangat kurang untuk dapat membiayai semua objek wisata,” ujarnya pula.

Dia menjelaskan seperti tahun lalu, dukungan peningkatan objek wisata tetap dilakukan hanya di beberapa lokasi pada 19 distrik.

“Dukungan dari kami dengan pembangunan gazebo, penyelenggaraan Festival Danau Sentani (FDS) dan pelatihan serta sosialisasi, dan mungkin metode ini masih dilakukan tahun ini,” katanya lagi.

Ia menambahkan untuk pembangunan sektor kepariwisataan berkelanjutan harus memiliki sumber daya yang cukup, terutama anggaran.

“Arah kebijakan pemerintah daerah begitu penting untuk mendorong peningkatan sektor pariwisata, sehingga dapat sejalan dengan pembangunan pariwisata nasional,” ujarnya pula.