Info Terbaru

Pemkab Jayapura sebut penerapan I-PADI telah menghasilkan

×

Pemkab Jayapura sebut penerapan I-PADI telah menghasilkan

Sebarkan artikel ini
 



Sentani (TORANGBISA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyebut penerapan Pertanian Digital atau I-PADI di daerah setempat berjalan baik dan telah membuahkan hasil

Kepala dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon saat dihubungi TORANGBISA di Jayapura, Sabtu, mengatakan implementasi I-PADI sudah membuahkan hasil.

Ads

“Dari lahan yang kami dorong untuk dukungan Program I-PADI sudah ada hasil, dimana jagung sudah tumbuh dan berumur 14 hari, padi sudah dua minggu, tapi cabai pasti tumbuh meski belum diinformasikan,” katanya.

Menurut Gustaf, Program I-PADI telah mendapat perhatian serius dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI.

“Kemenkominfo pasti akan mendukung kami dalam mendorong terus I-PADI, bentuknya seperti apa nanti mereka sampaikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan Program I-PADI mendorong beberapa komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang pertanian terlibat secara langsung dalam implementasi pertanian secara digital tersebut.

“Tentu ada respons positif dari masyarakat mengenai I-PADI, maka inovasi ini akan menjadi acuan untuk digunakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di kabupaten ini,” katanya.

Dia menambahkan I-PADI kembali mendapatkan dukungan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemenkominfo Samuel Pengharapan yang meminta proposal untuk membuat literasi Internet of Things (IoT) Pertanian.

“Ketika kami berkomunikasi dengan Pak Samuel Pengharapan, bahwa bukan saja IoT Pertanian, tetapi peternakan, perkebunan atau sektor yang berbasis IoT akan mendapat dukungan penuh,” ujarnya.