Info TNIPapua Terkini

Pasca Insiden di Jayapura, Pangdam XVII/Cenderawasih: Situasi keamanan Tanah Papua Aman

×

Pasca Insiden di Jayapura, Pangdam XVII/Cenderawasih: Situasi keamanan Tanah Papua Aman

Sebarkan artikel ini
Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan
 

JAYAPURA,  (torangbisa.com) – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menegaskan, secara keseluruhan situasi keamanan di Tanah Papua aman dan terkendali.

“Memang secara keseluruhan situasi keamanan di empat provinsi yang tersebar di empat korem sejak meninggalnya mantan Gubernur Papua Lukas Enembe hingga pemakamannya berlangsung aman, kecuali Kota dan Kabupaten Jayapura,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Jumat..

Ads

Di kedua kota itu, ujar dia, sempat terjadi kericuhan yang disebabkan adanya anggota KNPB dan ULMWP yang menyusup dan bergabung dengan massa yang mengiringi perjalanan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dalam perjalanan dari Sentani hingga Koya Tengah telah terjadi pelemparan dan pembakaran bangunan serta kendaraan, bahkan ada beberapa anggota TNI-Polri yang terluka termasuk Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun,

Pangdam menyayangkan terjadinya insiden yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda saat proses pengantaran jenazah tokoh Papua ke rumah pribadi yang awalnya aman berkembang menjadi rusuh.

KNPB dan ULMWP berupaya memprovokasi namun anggota TNI-Polri tidak terpancing dan tetap melakukan tindakan penegakan hukum yang terukur sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Aparat keamanan akan mengusut hingga tuntas baik kasus pemukulan, pelemparan hingga pembakaran,” tegas Izak Pangemanan.

Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal tanggal 26 Desember lalu di RSPAD Gatot Subroto Jakarta dan jenazah tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura Kamis (28/12).

Berita ini telah tayang di TORANGBISAnews.com dengan judul: Pangdam XVII/Cenderawasih: Situasi di Tanah Papua aman