Scroll untuk baca artikel
Ads
Hukum dan KriminalPeristiwa

Polisi selidiki Kasus Pembakaran ruko asrama Korem 172/PWY Waena

×

Polisi selidiki Kasus Pembakaran ruko asrama Korem 172/PWY Waena

Sebarkan artikel ini
Kebakaran hebat yang terjadi pada Kamis (28/12) sekitar pukul 17.50 WIT menghanguskan tujuh ruko dan rumah dinas

JAYAPURA,  (torangbisa.com) – Polresta Jayapura Kota menyelidiki kasus pembakaran beberapa bangunan ruko di kawasan Bucen III Waena, Jayapura, yang berada di kawasan asrama Korem 172/PWY, Papua.

“Kebakaran terjadi Kamis (28/12) sekitar pukul 17.50 WIT menghanguskan tujuh ruko dan rumah dinas serta tempat pelayanan kesehatan,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo di Jayapura, Jumat.

Ads

Dijelaskan, kebakaran yang terjadi diduga dilakukan beberapa orang massa yang ikut dalam prosesi pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe dari Sentani menuju kediamannya di Koya Tengah Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Dari laporan terungkap insiden itu berawal saat rombongan massa pengantar jenazah melintas di lampu merah Waena, terjadi aksi pelemparan batu ke arah aparat keamanan yang berjaga di depan gapura masuk asrama Korem 172/PWY Waena.

Merespons aksi tersebut, anggota melakukan tembakan peringatan dan sejumlah upaya untuk mengendalikan situasi, namun ternyata aksi anarkis berlanjut dan memicu pembakaran beberapa bangunan di sekitar lampu merah Waena, termasuk kantor Denkesyah, ruko dan perumahan Korem 172/PWY Jayapura.

Api dengan cepat menjalar hingga menghanguskan bangunan di sekitarnya dan baru dapat dipadamkan pukul 20.30 WIT.

Tidak ada korban jiwa, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 2 miliar.

“Penyidik telah melakukan pendataan terkait korban yang terdampak serta melakukan penyelidikan guna mengungkap motif dan dalang di balik peristiwa ini,” kata Kombes Benny.

Baca juga: Keluarga Lukas Enembe minta maaf atas aksi pembakaran di Jayapura

Baca juga: Pangdam XVII/Cenderawasih: KNPB dalang kerusuhan di Jayapura

Baca juga: Kapolda harapkan warga nusantara jaga kerukunan di Papua

Baca juga: Pemakaman Lukas Enembe berlangsung aman

Berita ini telah tayang di TORANGBISAnews.com dengan judul: Polisi selidiki kasus pembakaran ruko di asrama Korem 172/PWY Waena

Ads