Info Terbaru

Koramil Timika minta Warga jaga kebersihan cegah Malaria

×

Koramil Timika minta Warga jaga kebersihan cegah Malaria

Sebarkan artikel ini
 

TIMIKA, (torang bisa.com) —  Komando Rayon Militer (Koramil) 1710-02/Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing guna meminimalisasi penyebaran penyakit malaria.

Babinsa Koramil 1710-02/Timika Koptu Irayan Fareb kepada di Timika, Minggu, mengatakan daerah ini menjadi wilayah endemis penyakit malaria.

Ads

“Kabupaten Mimika termasuk dalam kategori daerah endemis malaria karena curah hujan yang cukup tinggi, menyebabkan nyamuk malaria cepat berkembang biak pada iklim seperti ini,” katanya.

Menurut dia, cuaca di daerah ini sulit diperkirakan karena saat musim hujan bisa saja panas datang sehingga membuat tubuh manusia rentan terhadap malaria.

“Kami selalu berupaya membantu warga binaan agar tidak terjangkit malaria dengan rutin memberi imbauan menjaga pola hidup sehat dan mendampingi petugas kesehatan melakukan penyemprotan pestisida ke rumah masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan hari ini pihaknya mendampingi petugas kesehatan menyemprotkan pestisida ke rumah masyarakat di Nawaripi Dalam Distrik Wania.

“Tujuan menyemprotkan pestisida yakni untuk membunuh bibit nyamuk anopheles, hal ini rutin dilakukan enam bulan sekali,” katanya lagi.

Dia menambahkan nyamuk anopheles merupakan pembawa bibit malaria, yang suka bersarang di tempat-tempat kotor oleh sebab itu pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar selalu bersih.

“Kita juga harus rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar terbebas dari penyakit malaria akibat nyamuk anopheles,” ujarnya lagi.