Scroll untuk baca artikel
Ads
Halo PolisiHukum dan KriminalPapua Terkini

Kaops Satgas DC: Lupa Waker terlibat tiga aksi KKB sejumlah wilayah

×

Kaops Satgas DC: Lupa Waker terlibat tiga aksi KKB sejumlah wilayah

Sebarkan artikel ini

Timika,  (TORANGBISA) – Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, dari hasil penyelidikan yang dilakukan terungkap Lupa alias Junius Waker terlibat dalam tiga aksi kekerasan yang dilakukan KKB di sejumlah wilayah di Papua Tengah.

Junius Waker (21) merupakan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni dan terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan KKB di Kabupaten Mimika dan Puncak.

Ads

“Tersangka Junius Waker juga merupakan anggota KKB yang aktif,” kata Kaops Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Dijelaskan, aksi kekerasan yang melibatkan Junius Waker yaitu tanggal 3 November 2017 terlibat penembakan mobil LWB warna putih bertempat di MP 69 Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Kemudian tanggal 27 Maret 2020, terlibat dalam penembakan di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, yang mengakibatkan seorang warga negara asing (WNA) meninggal dan dua orang mengalami luka.

Tanggal 19 Desember 2019, terlibat dalam penembakan terhadap anggota TNI yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi yang sedang berpatroli hingga menewaskan satu prajurit dan tiga lainnya terluka yang mengakibatkan seorang prajurit meninggal dan tiga orang lainnya terluka.

Selain itu Waker juga terlibat dalam aksi pembakaran camp PT Unggul, Mundidok, Kabupaten Puncak yang dilakukan Pebruari 2021 lalu.

 

Ads