Scroll untuk baca artikel
Ads
EkonomiPapua Terkini

Pemkot dan PT Air Minum Jayapura teken MoU kelola limbah domestik

×

Pemkot dan PT Air Minum Jayapura teken MoU kelola limbah domestik

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua bersama PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pengelolaan air limbah domestik, Rabu.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Rabu, mengatakan pengelolaan air limbah domestik yang dilakukan PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani mempunyai nilai strategis selain untuk peningkatan usaha perusahaan tetapi juga membantu pemerintah daerah setempat dalam menjaga lingkungan tempat tinggal dan usaha.

Ads

“Sehingga lingkungan tidak tercemar dengan demikian masyarakat juga tidak terkontaminasi dengan air limbah,” katanya.

Menurut Pekey, penandatanganan MoU tersebut dalam rangka juga untuk pengembangan perusahaan ke depan sehingga pelayanan kepada masyarakat Kota Jayapura semakin meningkat.

“Dalam pelaksanaan pengelolaan air limbah domestik akan dilakukan oleh PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani berkolaborasi dengan dinas PUPR Kota Jayapura,” ujarnya.

Direktur Utama PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani, Entis Sutisna mengatakan MoU tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem sanitasi yang bersih dan menjaga kesehatan masyarakat di Kota Jayapura.

“Selain itu juga sesuai isi MoU maka 50 persen dari keuntungan pengelolaan air limbah domestik akan disetor ke Pemkot Jayapura itu artinya mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat,” katanya.

Dia menjelaskan di sisi lain dalam pengelolaan air limbah domestik pihaknya akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan dengan tidak memberikan beban biaya yang memberatkan masyarakat.

“Dalam pengelolaan air limbah domestik juga kami akan didampingi USAID Iuwash Tangguh dan  dinas PUPR Kota Jayapura,” ujarnya.

Ads