Scroll untuk baca artikel
Ads
NasionalOrganisasiPapua TengahPapua TerkiniPolitik

Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Persiapan Pemuktahiran DPT, Divisi Hukum: Kita Harapkan Pilkada yang Bermartabat

×

Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Persiapan Pemuktahiran DPT, Divisi Hukum: Kita Harapkan Pilkada yang Bermartabat

Sebarkan artikel ini
oto bersama Komisioner KPU Mimika, Forkopimda Kabupaten Mimika, dan Peserta kegiatan (Dok/Foto: Humas JMSI)

Timika, (TORANGBISA)  — Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di tahun 2024 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menggelar Sosialisasi dan Koordinasi Persiapan Pemuktahiran Daftar Pemilih.

Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Persiapan Pemuktahiran Daftar Pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak, khusus Distrik Wania dan Mimika Baru Kabupaten Mimika itu menghadirkan narasumber dari Polrses Mimika, Kejaksaan Timika, dan KPU Mimika, yang berlangsung di Hotel Horison Diana, Jalan Budiutomo, Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Jumat (17/5/2024).

Ads

Ketua Panitia, dan juga sebagai Kasubag Program Data KPU Mimika,Irmayani dalam laporannya mengatakan, Pemilu legislatif Tahun 2024 di Kabupaten Mimika masih menyisakan beberapa persoalan, salah satu diantaranya adalah data pemilih, ketidaklengkapan beberapa elemen alamat yang tertera di
identitas kependudukan berimplikasi pada pemetaan tps dan penetuan lokasi koordinat TPS, Sehingga TPS yang dihasilkan belum akurat mendekati dengan data real di lapangan.Beberapa warga harus memilih di TPS yang jauh padahal ada TPS yang terdekat sesuai dengan alamat identitas kependudukanya.

Dijelaskan Iramyani, Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari ini akan dibagi menjadi 10 sesi kegiatan. Dengan Pembiayaan kegiatan bersumber pada Anggaran Hibah KPU Kabupaten Mimika Tahun 2024. Dan Peserta kegiatan Kepala Kampung, Lurah dan Ketua RT se Distrik Wania dan Mimika Baru.

“Tujuan kegiatan ini adalah menghasilkan data pembanding valid yang akan digunakan sebagai
bahan pemetaan TPS pada tanggal 23 Mei – 13 Juni 2024, kemudian akan dijadikan bahan rujukan dalam kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) pada tanggal 24 Juni – 24 Juli 2024, sehingga data yang dihasilkan akan lebih akurat dan valid, baik dari segi aturan maupun dari kenyataan (data real) dilapangan,”sebutnya.

Output Kegiatan kata Irmayani, Data Denah Lokasi RT terbaru setiap kelurahan atau kampung di distrik Wania dan Mimika Baru. Data Warga yang sudah mempunyai hak pilih berbasis RT di Distri Wania dan Mimika Baru

Sementara itu, Ketua KPU Mimika, Dete Abugau yang diwakili Kordiv Hukum KPU Mimika, Hironimus Kiaruma dalam arahnya berharap semoga kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini bisa mencakup dan tercover semua.

“Harapan kita, tentu dengan adanya sosialisasi dan koordinasi yang intesif sehingga bisa menghasilkan pilkada yang bermartabat. Artinya semua orang bisa menerima hasil pilkada itu dengang lapang dada,” ungkapnya.

Kalau prosesnya sendiri ada dugaan dugaan yang mungkin secara nyata terlihat maka hasilnya tentu tidak bisa diterima oleh semua orang, dan itu potensinya akan ke MK,” sambungnya.

Ads