Ads
Ekonomi

Dispora Jayapura bantu pengembangan wirausaha pemula OAP

×

Dispora Jayapura bantu pengembangan wirausaha pemula OAP

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura, Papua membantu pengembangan wirausaha muda pemula bagi Orang Asli Papua (OAP) dengan memberikan bantuan peralatan usaha seperti mesin pemeras jeruk, blender dan mesin press gelas.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena di Jayapura, Rabu mengatakan hal tersebut dalam rangka membangkitkan motivasi berwirausaha dan membantu pemuda OAP untuk menemukan ide baru dalam menjalankan usaha.

Ads

“Kami berharap dengan dukungan peralatan yang diberikan dapat meningkatkan nilai jual usaha para peserta karena kami juga akan terus melakukan pendampingan sehingga bisa dilihat proses perkembangan usah mereka masing-masing,” katanya.

Menurut Bebena, yang terpenting juga ialah bagaimana para pengusaha muda OAP ini bisa menghasilkan produk yang berkualitas dengan menjaga cita rasa dari setiap usaha kuliner yang dijalankan sehingga dapat menarik banyak konsumen.

“Kami juga terus mendorong pengusaha muda OAP untuk memanfaatkan media sosial dalam mencari pelanggan maupun memasarkan hasil produknya,” ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan pengembangan wirausaha muda pemula bagi OAP melibatkan 42 orang terdiri dari 19 laki-laki dan 23 perempuan yang berasal dari lima distrik se Kota Jayapura.

“Diharapkan ke depan 42 pengusaha muda OAP ini bisa menjadi pionir dan motor penggerak untuk pemuda pemula yang baru mau menjalankan usaha,” katanya lagi.

Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Jayapura Evert Merauje mengatakan pihaknya terus berupaya dalam membangun wirausaha muda secara berkesinambungan.

“Upaya tersebut dilakukan melalui kebijakan fasilitas maupun peningkatan sumber daya manusia para pengelola baik koperasi dan usaha kecil maupun masyarakat secara luas,” katanya.

Dia menjelaskan peningkatan usaha di Kota Jayapura akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus mewujudkan ibu kota Provinsi Papua ini sebagai kota perdagangan dan jasa.

Salah satu pemuda OAP, Katrin Sarlota Raunsay mengakui dirinya merasa senang karena melalui kegiatan tersebut bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang bagaimana untuk mengembangkan usaha yang saat ini dijalani.

“Karena saya baru memulai usaha saya dan masih perlu belajar dan ini merupakan kesempatan yang luar biasa karena saya percaya melalui kegiatan ini saya bisa mengembangkan usaha kios,” katanya.

Ketua panitia kegiatan pengembangan wirausaha muda pemula bagi OAP Nicky Ilolu mengatakan semua peserta yang dilibatkan merupakan masyarakat asli Papua yang memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) Kota Jayapura.

“Selain pemberian bantuan peralatan kami juga memberikan materi terkait membangun strategi industri UMKM, manfaatkan potensi yang ada di Kota Jayapura yang berlangsung pada 8-10 Mei 2024,” katanya.

Ads