Info Terbaru

Basarnas Timika gelar Siaga SAR jelang Natal-Tahun Baru

×

Basarnas Timika gelar Siaga SAR jelang Natal-Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
 


Timika (TORANGBISA) – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar Siaga SAR menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Ads

Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y Batlajery melalui rilis yang diterima TORANGBISA di Timika, Senin, mengatakan Siaga SAR ini dikhususkan menjelang Natal dan  menyambut Tahun Baru selama 21 hari.

“Siaga SAR khusus direncanakan akan dilaksanakan selama 21 hari dari 18 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024,” katanya.

Menurut dia, pihaknya menggelar siaga SAR ini diawali dengan apel pasukan personel rescuer (petugas penyelamat) yang melaksanakan siaga juga membacakan amanat Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

“Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan terdapat pergerakan sebanyak 107.63 juta orang yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan mudik ke kampung halaman maupun liburan,” ujarnya.

Dia menjelaskan alat transportasi yang digunakan oleh pemudik yakni transportasi laut, darat dan juga udara.

“Mengacu ke prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan menjelang Natal dan Tahun Baru,” katanya lagi.

Dia menambahkan kondisi cuaca berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, tanah longsor, kecelakaan kapal laut akibat gelombang tinggi serta badai tropis.

“Data operasi SAR tahun ini sampai dengan November menunjukkan frekuensi operasi SAR cukup tinggi terutama wilayah perairan,” ujarnya lagi.