Ekonomi

TPID Kota Jayapura berhasil kendalikan inflasi selama 2023

×

TPID Kota Jayapura berhasil kendalikan inflasi selama 2023

Sebarkan artikel ini
 



Jayapura (TORANGBISA) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jayapura, Papua berhasil mengendalikan inflasi di daerah itu sepanjang 2023 sehingga menempatkan negeri berjuluk ‘Port Numbay’ tersebut berada di posisi empat daerah dengan inflasi terendah se Indonesia.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Rabu mengatakan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jayapura selama 2023 inflasi di daerah itu bisa terkendali sehingga ditutup pada Desember 2023 berada di angka 1,65 persen.

Ads

“Ini kerja keras TPID dan juga pihak distributor termasuk pemerintah daerah yang senantiasa mengajak masyarakat untuk menanam cabai dan sayuran manfaatkan pekarangan rumah yang kosong,” katanya.

Menurut Pekey, sebelumnya pada September 2022 inflasi di Kota Jayapura mencapai delapan persen namun kerja keras dari TPID dan distributor makan pada akhir 2022 turun menjadi lima persen.

“Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada TPID dan juga para distributor yang selalu berkoordinasi dalam pengendalian inflasi di Kota Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan berada pada urutan ke empat daerah dengan inflasi terendah se Indonesia merupakan prestasi yang luar biasa yang dicapai oleh TPID.

“Sehingga prestasi ini menjadi motivasi untuk bagaimana ke depan kami terus berupaya dalam mengendalikan inflasi daerah,” katanya.

Dia menambahkan saat ini harga bahan pokok kembali normal setelah Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebab sebelumnya beberapa komoditas seperti cabai dan tomat mengalami kenaikan harga menjelang perayaan hari keagamaan.

“Kami juga akan melakukan pemantauan harga barang menjelang Idul Fitri 2024 sehingga harga bahan pokok tetap terjangkau,” ujarnya.