Ads
EkonomiMimikaNasionalPapua TengahPapua Terkini

Sukseskan Pilkada serentak 2024, Pemkab Jayapura siapkan anggaran Rp80 Miliar

×

Sukseskan Pilkada serentak 2024, Pemkab Jayapura siapkan anggaran Rp80 Miliar

Sebarkan artikel ini

Jayapura,  (TORANGBISA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyiapkan anggaran sebesar Rp80 miliar untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayapura Hermanus Kensimai di Sentani, Kamis mengatakan dana hibah tersebut diperuntukkan untuk penyelenggara, pengawas maupun keamanan.

Ads

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memperoleh Rp55 miliar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rp20 miliar dan TNI/Polri Rp5 miliar untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024,” katanya.

Menurut Kensimai, saat ini pihaknya melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sedang menunggu kelengkapan administrasi dari KPU, Bawaslu dan TNI/Polri sehingga anggarannya bisa dicairkan.

“Anggarannya sudah ada, saat ini kami sebagai pemerintah daerah menunggu permintaan berupa proposal dari pihak penyelenggara, pengawas maupun keamanan sehingga dananya bisa dicairkan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Dia menjelaskan dana hibah untuk Pilkada serentak 2024 disiapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

“Aturan itu telah dikeluarkan berdasarkan surat edaran Kementerian Dalam Negeri RI nomor 900.1.9.1/435 SJ tentang pendanaan kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota 2024, dimana beban pembiayaan diambil dari APBD,” katanya.

Dia menambahkan semoga pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Jayapura dapat berjalan dengan baik serta semua tahapan dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

“Dana hibah yang telah disiapkan dapat membantu mensukseskan semua proses Pilkada yang dimulai dari tahapan hingga rekapitulasi suara,” ujarnya.

Ads