Politik

PJ Wali Kota Jayapura-Papua minta ASN menjaga netralitas saat pemilu

×

PJ Wali Kota Jayapura-Papua minta ASN menjaga netralitas saat pemilu

Sebarkan artikel ini
 



Jayapura (TORANGBISA) – Penjabat Wali Kota Jayapura, Papua Frans Pekey meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat agar menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan tidak memihak atau tetap menjaga netralitas dalam semua tahapan.

“Saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah masuk dengan agenda kampanye calon presiden dan calon wakil presiden serta calon legislatif, sehingga kami minta supaya ASN tetap menjaga netralitas,” katanya di Jayapura, Kamis.

Ads

Menurut Pekey, aturan kepegawaian sudah sangat jelas pada prinsipnya yaitu ASN harus netral dan bebas dari kepentingan partai politik serta kepentingan kelompok lain.

“ASN juga harus mengetahui bahwa ada banyak yang sementara mengawasi pergerakan ASN dalam tahapan pemilu,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Bawaslu, masyarakat hingga partai politik untuk bersama-sama mengawasi pergerakan ASN.

“Jika nanti ditemukan ada ASN yang terlibat politik praktis maka dipersilakan lapor kepada pihak penyelenggara dan masyarakat juga dapat menyampaikan laporan,” katanya.

Pihaknya juga meminta kepada RT/RW di daerah itu untuk tidak memihak kepada salah satu calon baik calon presiden dan calon anggota legislatif tetapi bekerjalah sesuai aturan yang berlaku.

“Ingat bahwa RT/RW bukan sebagai petugas pemilu sehingga jangan memihak kepada parpol walaupun bertugas sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pemilu,” ujarnya.