Politik

Danlanud Jayapura tegaskan TNI AU bersikap netral pada Pemilu 2024

×

Danlanud Jayapura tegaskan TNI AU bersikap netral pada Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
 



Sentani (TORANGBISA) – Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura Marsekal Pertama (Marsma) TNI Indan Gilang Buldansyah  menegaskan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan bersikap netral pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Hal ini sesuai arahan pimpinan TNI, netral dalam pemilu 2024. Instruksi dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sangat jelas untuk tidak terlibat dalam politik praktis apapun,” kata Marsma Indan Gilang di Sentani, Kamis. 

Ads

Menurutnya, untuk memperkuat netralitas dalam pemilu, setiap anggota TNI AU dibekali dengan buku saku atau busaku.

“Jadi di dalam buku saku itu ada dijelaskan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota TNI,” ujarnya.

Dia menjelaskan ketika masyarakat menemukan oknum anggota TNI AU terindikasi tidak netral maka bisa melaporkan ke pos pengaduan yang disediakan oleh Lanud Silas Papare Jayapura.

“Sesuai arahan pimpinan dalam garis komanda, TNI AU siap menyukseskan pemilu, bentuk seperti apa dan caranya bagaimana tentu kita melaksanakan sesuai petunjuk pimpinan di atas,” katanya.

Dia menambahkan bentuk dan cara dukungan seperti apa, akan mengikuti arahan pimpinan dalam mendukung menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Misalnya kita membantu dalam distribusi logistik serta pengamanan dalam bentuk apa kita akan sesuaikan sesuai petunjuk dari atas, tetapi sumber daya yang ada di Lanud Silas Papare akan berupaya menyukseskan Pemilu 2024,” ujarnya.

Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda melantik Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah sebagai Danlanud Silas Papare Jayapura menggantikan Marsma TNI M Dadan Gunawan pada Sabtu (28/10) 2023.

Danlanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menggelar coffee morning bersama insan pers Jayapura memperkuat sinergitas dalam penyampaian informasi ke masyarakat pada Kamis (30/11) 2023.

U

Berita ini telah tayang di TORANGBISAnews.com dengan judul: Danlanud Jayapura tegaskan TNI AU netral pada Pemilu 2024