Scroll untuk baca artikel
Ads
Papua TerkiniPolitik

Pj Gubernur Papua ingatkan daerah segera cairkan dana hibah Pilkada

×

Pj Gubernur Papua ingatkan daerah segera cairkan dana hibah Pilkada

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) – Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengingatkan kepada seluruh kepala daerah di Bumi Cenderawasih agar segera mencairkan dana hibah karena tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 telah dimulai.

“Dukungan dana hibah dari Pemprov Papua untuk Pilkada 2024 sudah diberikan pada Januari dan itu 100 persen,” katanya di Jayapura, Jumat (10/5).

Ads

Untuk itu, katanya kepada seluruh kepala daerah agar memperhatikan hal tersebut jangan sampai karena belum dilakukan proses dana hibah tersebut mengganggu jalannya proses demokrasi.

“Sesuai regulasi anggaran harus tersedia lima bulan sebelum Pilkada berlangsung atau sekitar Juni,” ujarnya.

Dia menjelaskan semua daerah telah berkomitmen menyediakan anggaran Pilkada bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan TNI/Polri

“Semua pemerintah daerah se-Papua wajib merealisasikan anggaran Pilkada sesuai naskah perjanjian hibah daerah (NPHD),” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap, bupati/walikota secara terkoordinasi dengan instansi masing-masing sudah bisa menyediakan anggarannya.

Sementara itu Ketua KPU Papua Steve Dumbon mengatakan pihaknya telah siap membuka pendaftaran calon kepala daerah dan kini telah berlangsung pendaftaran untuk panitia pemilihan tingkat kelurahan dan kampung.

“Pada prinsipnya kami sudah siap memasuki tahapan Pilkada yang mana sudah jalan adalah rekrutmen badan ad hoc dan  pendaftaran panitia pemilihan distrik,” katanya.

Ads