Info Terbaru

Penyaluran BOP PAUD Biak sebesar Rp1,8 miliar tuntas 100 persen

×

Penyaluran BOP PAUD Biak sebesar Rp1,8 miliar tuntas 100 persen

Sebarkan artikel ini
 



Biak (TORANGBISA) – Penyaluran dana bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) pendidikan anak usia dini (PAUD) pada tahun 2023 Kabupaten Biak Numfor, Papua senilai  Rp1,8 miliar kepada 56 satuan PAUD tuntas 100 persen.

“Untuk tahun 2023, penerima BOP PAUD sesuai dengan data pokok pendidikan (Dapodik) sebanyak 56 satuan PAUD,” kata Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Nonformal dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Endang Suhendi di Biak, Selasa.

Ads

Baca juga: Pemkab Biak bagikan makanan tambahan untuk 2.000 siswa PAUD

Endang mengakui adanya alokasi BOP PAUD dan pendidikan kesetaraan sangat membantu dalam menunjang operasional layanan pendidikan di lembaga PAUD Biak Numfor.

Ia berharap satuan PAUD yang telah menerima BOP tahun 2023, dapat menggunakan anggaran dengan baik, sebab menunjang pelayanan proses belajar mengajar siswa.

“Dengan adanya dukungan BOP PAUD dapat membantu lembaga pendidikan ini membiayai berbagai kebutuhan sekolah,” kata Endang.

Sedangkan untuk penerima BOP PAUD tahun 2024, lanjut Endang, sesuai dengan data hasil sinkronisasi Dapodik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), jumlah PAUD yang akan menerima BOP di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 70 PAUD.

Endang menyebut dari jumlah penerima BOP PAUD sesuai Dapodik 2024 mengalami peningkatan dibanding 2023.

Baca juga: 2.000 siswa PAUD/TK di Biak ikuti karnaval Kemerdekaan RI

Baca juga: “Satu kampung satu PAUD” di Biak-Papua jadi program 2020

“Kami terus mengajak manajemen pengelola satuan PAUD dapat melakukan pembaruan data pokok pendidikan,” ujarnya.

Besaran satuan biaya BOP PAUD tahun 2023 sebesar Rp600 ribu per tahun, Paker A Rp1,3 juta/tahun, Paket B Rp1,5 juta/tahun dan Paket C Rp1,8 juta/tahun.