Scroll untuk baca artikel
Ads
Info Terbaru

Pemprov Papua Tengah salurkan bantuan warga terdampak hujan es

×

Pemprov Papua Tengah salurkan bantuan warga terdampak hujan es

Sebarkan artikel ini

JAYAPURA, (torangbisa.com) –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah terus menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak, yang mengalami bencana kekeringan akibat fenomena hujan es.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dalam siaran pers di Jayapura, Jumat, mengatakan bantuan diberikan berupa beras, mi instan, air mineral, gula, kopi, teh, dan bahan pokok lainnya, yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Ads

“Pada Kamis (4/1) kami melakukan penyaluran makanan dengan menggunakan pesawat jenis Caravan sehingga lebih cepat sampai dari pada menggunakan jalur darat,” katanya.

Menurut Ribka, pihaknya secara intens memberikan bantuan sejak 26 Desember 2023 hingga kini. Pemprov Papua Tengah, lanjutnya, berharap adanya juga bantuan dari pihak-pihak berkepentingan lainnya.

“Kami telah menyiapkan pesawat khusus membawa bahan makanan sehingga lebih cepat sampai,” ujar Ribka Haluk.

Dia menjelaskan kondisi masyarakat di dua distrik Kabupaten Puncak itu saat ini telah berangsur pulih, meski belum melakukan aktivitas seperti biasa.

“Sejak Agustus 2023 kami telah membentuk tim guna mengatasi permasalahan kekeringan akibat hujan es,” katanya.

Sebelumnya telah terjadi cuaca ekstrem sejak Juli 2023 yang mengakibatkan Distrik Agandugume dan Lambewi, Kabupaten Puncak, terancam kelaparan akibat hujan es.

Ads