Ads
Info Terbaru

Pemprov Papua rekonsiliasi penyerahan aset tetap tiga DOB

×

Pemprov Papua rekonsiliasi penyerahan aset tetap tiga DOB

Sebarkan artikel ini
 


Jayapura (TORANGBISA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menggelar rapat rekonsiliasi tentang penyerahan aset tetap yang akan diserahkan ke ke pemerintah di tiga daerah otonomi baru (DOB) guna mencegah terjadinya duplikasi data aset.

Ads

Inspektur Provinsi Papua Anggiat Situmorang di Jayapura, Kamis, mengatakan tujuan rapat tersebut untuk menyelaraskan data antara neraca dengan masing-masing organisasi perangkat Daerah (OPD).

“Melalui rapat ini kami bisa memperbaiki data-data ini juga mencegah jangan sampai ada aset yang sudah diserahkan tetapi masih tercatat di provinsi induk,” katanya.

Menurut Angiat, misalnya untuk dinas Pekerjaan Umum dimana akan menyerahkan asetnya ke Provinsi Papua Tengah maka dilakukan perincian.

“Sehingga rapat ini penting untuk menjelaskan nilai perolehan, akumulasi penyusutan, nilai buku, lokasi, luas, panjang, serta nilai aset yang diserahkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu perlu diselesaikan masalah narasi terkait penyerahan aset, termasuk pembuatan peraturan gubernur dan kebijakan akuntansi khusus.

“Kami berharap dengan kegiatan ini aset yang diterima tiga provinsi DOB  dapat menyusun neraca dengan akurat,” katanya.

Dia menyebutkan aset tetap terbanyak yang diserahkan ke DOB berasal dari dinas Pekerjaan Umum Papua seperti jembatan, jalan dan lainnya.

Ads
Ads