Ads
Info TerbaruPapua Terkini

Pemkot Jayapura minta warga perhatikan keamanan di rumah sebelum mudik

×

Pemkot Jayapura minta warga perhatikan keamanan di rumah sebelum mudik

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua meminta kepada seluruh masyarakat setempat agar memperhatikan keamanan rumah sebelum ditinggal mudik ke kampung halamannya saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Sebab potensi terjadi kejahatan bisa saja terjadi ketika rumah dalam keadaan tidak berpenghuni,” kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Sabtu.

Ads

Menurut Pekey, ada dua hal yang harus diperhatikan oleh warga sebelum meninggalkan rumah yakni memastikan rumah terkunci dengan aman dan memperhatikan instalasi aliran listrik dalam keadaan baik guna mencegah terjadinya kebakaran.

“Selain itu meminta tolong kepada tetangga untuk mengawasi rumah sehingga tidak terjadi kasus pencurian,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap setiap warga yang akan melakukan mudik lebaran agar bisa melapor ke RT setempat supaya akan dilakukan pemantauan bersama warga yang lain terhadap kondisi rumah yang ditinggal mudik.

“Kami meminta kepada warga yang mudik lebaran bisa menjaga kesehatan sehingga dalam melakukan perjalanan kondisi benar-benar bugar,” katanya lagi.

Dia menambahkan Pemkot Jayapura akan bekerjasama dengan Polresta Jayapura Kota dan Kodim 1701/Jayapura untuk melaksanakan patroli selama libur lebaran.

Dia mengatakan sementara bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jayapura juga dapat memperhatikan waktu libur lebaran sehingga bagi yang melaksanakan mudik dapat kembali masuk kerja sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Karena cuti bersama dan libur lebaran 2024 cukup panjang sehingga jangan lagi ada ASN yang menambah waktu libur,” ujarnya.

Ads