Scroll untuk baca artikel
Ads
Ekonomi

Pemkab Jayapura harap ajang FDS XIV tingkatkan kunjungan wisatawan

×

Pemkab Jayapura harap ajang FDS XIV tingkatkan kunjungan wisatawan

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

Sentani (TORANGBISA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengharapkan ajang Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara (wisman) ke daerahnya.

Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay di Sentani, Papua, Senin, mengatakan kunjungan wisatawan ke Papua tergantung dari kegiatan yang digelar.

Ads

“Festival Danau Sentani sudah menjadi agenda nasional, sehingga diharapkan wisatawan akan datang ke Papua sambil menikmati keindahan alam dan budaya masyarakat Papua khususnya Kabupaten Jayapura ini,” katanya.

Menurut Mokay, dengan alokasi dana yang dianggarkan untuk FDS XIV sebesar Rp2 miliar dan diharapkan bisa dioptimalkan.

“Kami tahu anggaran terbatas, tetapi akan berusaha memaksimalkanya, sehingga FDS yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Jayapura bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan FDS XIV akan dilaksanakan pada Juli 2024 dengan melibatkan sembilan dewan adat suku (DAS) di Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap persiapan dari setiap DAS untuk menampilkan kebudayaannya di FDS sudah dilakukan sehingga saat kegiatannya tiba, dapat menampilkan budaya yang terbaik,” katanya.

Dia juga menambahkan pihaknya sudah melakukan pendataan dari kesembilan DAS untuk sanggar dan keseniannya yang akan ditampilkan pada FDS XIV.

“Tim sudah melakukan sosialisasi ke setiap pimpinan DAS, untuk keikutsertaan dan hasil kesenian apa yang ditampilkan, sehingga susunan acara bisa dilakukan dari jauh-jauh hari, dan kalau ada perubahan mudah untuk diganti,” ujar Mokay.

Ads