Scroll untuk baca artikel
Ads
Ekonomi

Pemkab Jayapura berikan subsidi harga bahan pokok

×

Pemkab Jayapura berikan subsidi harga bahan pokok

Sebarkan artikel ini

Sentani, (TORANGBISA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua memberikan subsidi kebutuhan pokok (Bapok) ke masyarakat untuk mendapatkan harga murah, menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah 2024.

Pemkab Jayapura menggelar pasar murah di dua lokasi yakni halaman Kantor Distrik Sentani dan halaman Masjid Al Ridho Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang pada Kamis (4/4).

Ads

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Kamis mengatakan pasar murah ini untuk membantu meringankan beban masyarakat agar memperoleh barang Bapok yang murah dan terjangkau.

“Jadi kami ada subsidi sekitar 20 jenis barang dengan anggaran Rp40 juta di dua lokasi, supaya masyarakat bisa memperoleh harga ‘miring’ atau sesuai dengan harga distributor,” katanya.

Menurut Penjabat Bupati, meskipun harga Bapok di pasaran relatif stabil, namun pemerintah daerah tetap memberikan perhatian kepada masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1445 2024.

“Ini bentuk kepedulian dan rasa toleransi antar umat beragama yang coba diwujudnyatakan dalam pasar murah, sehingga diharapkan umat Muslim bisa membeli Bapok untuk merayakan Lebaran dengan baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain pasar pasar murah, operasi pasar untuk mengendalikan harga pun telah dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) guna memastikan tidak ada kenaikan harga terjadi pada saat menjelang hari raya Idul Fitri 1445 2024.

“Kami tidak ingin momen hari raya digunakan oleh distributor atau pedagang untuk menaikkan harga yang menyebabkan masyarakat menjadi susah karena harga Bapok yang tinggi,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan pasar murah telah dilakukan sekali menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, dan kembali digelar di dua lokasi sekaligus menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami lakukan ini tidak hanya di lebaran, tetapi saat natal pun dilakukan untuk membantu masyarakat Kabupaten Jayapura memperoleh Bapok dengan harga distributor,” ujarnya.

Ads