Info Terbaru

Pemkab Biak alokasi dana otsus Papua kembangkan kapasitas anak OAP

×

Pemkab Biak alokasi dana otsus Papua kembangkan kapasitas anak OAP

Sebarkan artikel ini
 



Biak (TORANGBISA) – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengalokasikan dana otonomi khusus tahun 2024 untuk prioritas pengembangan kapasitas anak didik orang asli Papua (OAP) dan tenaga pendidik di daerah ini.

“Pada tahun 2024 Pemkab Biak Numfor akan mengalokasikan dana Otsus Papua senilai Rp28 miliar untuk memberikan beasiswa unggul mahasiswa Biak di luar negeri,” ujar Kepala dinas Pendidikan Biak Numfor Kamaruddin, di Biak, Selasa.

Ads

Ia mengatakan besarnya perhatian Pemkab Biak Numfor dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia siswa dan guru sejalan dengan visi misi Bupati Herry Ario Naap untuk mewujudkan Biak yang religius berkarakter dan berbudaya.

Bahkan dengan pengalokasian dana Otsus Papua yang dilakukan Pemkab Biak Numfor, menurut Kamaruddin, lebih banyak menyentuh kebutuhan anak asli Papua dalam program kartu Biak pintar dan affirmasi pendidikan menengah (Adem) dan affirmasi pendidikan tinggi (ADiK).

“Ya banyak anak OAP terbantu untuk melanjutkan studi perguruan tinggi di luar negeri lewat program beasiswa unggul Papua dengan dukungan dana Otsus,” ujar mantan Kabag Kesra Setda Biak.

Dana Otsus Papua bidang pendidikan Biak Numfor, menurut Kamaruddin, sudah berada di jalan yang benar karena telah membantu membiayai kebutuhan anak OAP yang melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

“Disdik Biak Numfor juga memberikan pelatihan dan pendampingan program affirmasi pendidikan tinggi melalui dukungan dana Otsus Papua,” sebut Kamaruddin.

Ia berharap, ke depan makin banyak kucuran dana Otsus Papua untuk membantu peningkatan kualitas SDM orang asli Papua.

Selain membiayai pendidikan anak OAP, lanjut Kamaruddin, dana Otsus Papua juga membiayai sarana prasarana pendidikan seperti gedung sekolah baru SD dan SMP, gedung laboratorium, perpustakaan sekolah hingga fasilitas penunjang pendidikan lainnya

“Jajaran dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor sebagai pengelola dana Otsus pendidikan akan memanfaatkan secara tepat sasaran supaya memberikan dampak peningkatan kualitas SDM daerah ini,” ujarnya.

Berdasarkan data pada Tahun 2023 dana Otsus Papua untuk Kabupaten Biak Numfor mencapai Rp150 miliar.