Ads
Info Terbaru

Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah sebut empat tugas utama Lanud

×

Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah sebut empat tugas utama Lanud

Sebarkan artikel ini



Sentani (TORANGBISA) – Marsekal Pertama (Marsma) TNI Indan Gilang Buldansyah  baru saja menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura ke-21 menggantikan Marsma TNI M Dadan Gunawan pada Sabtu (28/10) 2023, menyebutkan empat tugas utama.

“Terdapat empat tugas utama Lanud Silas Papare Jayapura yakni melaksanakan pembinaan satuan jajaran, mengoperasikan satuan jajaran, memberdayakan wilayah pertahanan khususnya matra udara dan melaksanakan dukungan operasi untuk satuan lainnya,” kata Marsma Indan Gilang dalam keterangan diterima di Jayapura, Jumat. 

Ads

Dia mengatakan, tugas pokok tersebut tentu berkaitan dengan masyarakat dan pemangku kepentingan sehingga berharap ada dukungan media penting untuk menyampaikan apa yang telah dikerjakan ke masyarakat.

Marsma TNI Indan Gilang selanjutnya menjelaskan  Lanud Silas Papare Jayapura sudah beroperasi sejak awal 1970-an.

“Awal-awal adanya Pangkalan TNI AU di Jayapura untuk melaksanakan tugas-tugas angkatan udara dijabat oleh Danlanud berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) dengan Lanud tipe C,” katanya.

Kondisi ini bertahan hingga tahun 2000-an, tapi dengan bertambahnya tugas-tugas Lanud, maka jabatannya Danlanud dinaikkan menjadi Kolonel.

“Setelah Markas Besar TNI AU melihat peran besar Lanud Jayapura maka ditingkatkan lagi menjadi tipe A pada 2018 hingga saat ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini dirinya menjabat sebagai Danlanud Silas Papare Jayapura ke-21, awalnya nama pangkalan waktu tiba C dan B itu Lanud Jayapura.

“Kalau peningkatan pangkalan hingga tipe A, saya adalah komandan keempat,” katanya.

Danlanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menggelar coffee morning bersama insan pers Jayapura memperkuat sinergitas dalam penyampaian informasi ke masyarakat pada Kamis (30/11) 2023.

 

Ads