Scroll untuk baca artikel
Ads
Pilar DemokrasiPolitik

Maju Pilkada Mimika 2024, Ketua DPC PDIP: Johannes Rettob Calon Tunggal Yang Diusung Partai

×

Maju Pilkada Mimika 2024, Ketua DPC PDIP: Johannes Rettob Calon Tunggal Yang Diusung Partai

Sebarkan artikel ini
Ketua DPC PDI-P Kabupaten Mimika Yohanis Felix Helyanan (Foto/Ist)

Timika, (TORANGBISA) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara sah telah memutuskan  mengusung Johanes Rettob, S.Sos, MM (JR) sebagai calon tunggal Bakal Calon (Bacalon) Bupati pada perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Mimika 27 November 2024 mendatang.

Keputusan PDI Perjuangan untuk mengusung Johanes Rettob (JR) satu satunya calon tunggal untuk maju dalam bursa Calon Bupati Mimika, karena sosok JR dinilai satu satunya kader terbaik dan merupakan calon tunggal yang akan maju sebagai Bupati Mimika.

Ads

“Kita memang sendiri buka pendaftaran tetapi kita dari Partai juga sudah menentukan kader sebagai calon tunggal kepala daerah. Tanggal 24 April itu ada pertemuan seluruh kepala kepala daerah di Jakarta, dan situ pihak DPP Papua Tengah sudah menyampaikan dari masing masing kabupaten itu yang mengusungkan calon kepala daerah, salah satu Timika juga yang mengusulkan JR satu satunya kader yang akan didorong, “tegas Ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten Mimika, Yohanis Felix Helyanan, SE kepada wartawan di kantor DPRD Mimika, Selasa (7/5/2024).

Untuk calon Wakil Bupati  menurut ketua DPC, yang akan mendampingi JR, kata Ketua DPC PDIP Mimika yang akrab disapa Jhon Thie, tergantung nanti dari kesepakatan nanti JR sebagai calon Bupati dan partai akan membuka peluang kepada figur lain, melalui mekanisme pendaftaran kepada partai.

“Beberapa waktu lalu pihaknya sudah menyebarkan formulir pendaftaran untuk calon Wakil Bupati, dan memang sudah ada yang masukan pendaftaran ke partai. Tapi khusus untuk calon Bupati PDI Perjuangan sudah menetapkan calon tunggal adalah JR, dan untuk Wakil Bupati nanti tergantung komunikasi calon Bupati JR. Artinya untuk calon Wakil Bupati bisa diluar kader PDI Perjuangan, “sebut Jhon Thie.

Disebutkan Jhon Thie, terkait Bacalon Bupati dan Wabup pada Pilkada Mimika mendatang, konsolidasi internal partai masih terus berjalan, dan pada hari ini kita ada rapat partai DPC dengan DPP Pusat.

“Nanti kita sampaikan hasil kemarin yang diusung kan dari masing masing DPD Provinsi Papua Tengah. Kira kira ada usulan apa dari DPC, DPC mau seperti apa. Apakah DPP yang menentukan pasangan calon atau kami dari DPC. Saya lebih cenderung kami DPC yang menentukan Calon Wakil Bupati karena kami yang tahu situaasi di daerah dan siap membuka diri dan berkoalisi dengan partai lain, “cetusnya.

Politisi senior PDI perjuangan Mimika ini berharap Untuk wakil bupati bisa diusulkan dari luar kader.

“Sampai saat ini sudah ada tiga nama yang masukan lamaran, yakni Maximus Tipagau, Jhon Beanal dan Emanuel Kemong,”paparnya.

Ads