Info Terbaru

KPU Papua: penyiapan logistik Pemilu 2024 capai 90 persen

×

KPU Papua: penyiapan logistik Pemilu 2024 capai 90 persen

Sebarkan artikel ini
 


Jayapura (TORANGBISA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyebutkan penyiapan logistik Pemilu 2024 mencapai 90 persen, namun masih ada beberapa kendala dalam persiapan, diantaranya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) masih ada yang masih proses bimbingan teknis.

Ads

Ketua KPU Papua Steve Dumbon di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya saat ini pada proses penyiapan logistik dan sudah dilakukan pengemasan seluruhnya, namun ada satu yang belum selesai.

“Untuk pengemasan yang belum selesai itu Kota Jayapura yang mana progres mencapai 70 persen sedangkan kabupaten lainnya sudah siap tinggal menunggu perintah pendistribusian,”katanya.

Menurut Steve, pihaknya berharap dengan tersisa waktu delapan hari lagi semua proses pengemasan telah selesai dengan begitu pendistribusian bisa tepat.

“Dengan begitu H-7 sudah dilakukan pendistribusian ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing,” ujarnya.

Dia menjelaskan memang sampai saat ini pihaknya masih fokus pada pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) pada KPPS yang ada di tingkat TPS, namun hanya di dua kabupaten saja.

“Yakni Kabupaten Mamberamo Raya dan Kabupaten Waropen yang mana petugas sendiri ada pada distrik terpencil sehingga masih dilakukan Bimtek pada KPPS setempat,” katanya lagi.

Selain itu, kendala yang juga dihadapi yakni masih terdapatnya surat suara kurang dan rusak sehingga petugas pengawas KPU sedang melakukan jemput bola guna menukarkan surat suara tersebut.

“Kami optimistis dengan adanya kendala-kendala ini pasti bisa mendistribusikan logistik Pemilu pada H-7 dengan tepat waktu,” ujarnya lagi.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Pemilu anggota legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu Anggota Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

 

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.