Info Terbaru

KPU Mimika: Semua surat suara pemilu siap disortir ke kotak suara

×

KPU Mimika: Semua surat suara pemilu siap disortir ke kotak suara

Sebarkan artikel ini
 

TIMIKA, (torangbisa.com) —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan, semua surat suara yang akan dipergunakan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 sudah siap untuk disortir ke kotak suara.

Ketua KPU Kabupaten Mimika Luther Baenal kepada TORANGBISA di Timika, Sabtu, mengatakan,  pihak KPU terus berproses sesuai tahapan yang ada dan saat ini sedang dilakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Ads

“Pada 25 Januari 2024 kami sudah melakukan tahapan pelantikan 6.685 petugas KPPS Kabupaten Mimika yang nantinya akan menyelenggarakan pemungutan suara pada 14 Februari 2024,” katanya.

Menurut Luther, tahapan yang saat ini sedang berlangsung yakni bimbingan teknis bagi 6.685 petugas KPPS sejak 27 Januari hingga 2 Februari 2024.

“Untuk logistik surat suara semuanya sudah ada mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD kabupaten dan kota,” ujarnya.

Dia menjelaskan semua surat suara telah dilakukan pelipatan dan saat ini logistik pemilu berada di Graha Eme Neme Timika untuk siap disortir ke dalam kotak suara.

“Kami masih menunggu beberapa dokumen yang belum ada, setelah itu akan disortir masuk ke dalam kotak suara sesuai daftar pemilih tetap (DPT) dari setiap tempat pemungutan suara (TPS) di tambah dua persen,” katanya lagi.

Dia menambahkan setelah semua dokumen telah lengkap dan penyortiran surat suara maka disegel untuk selanjutnya didistribusikan.

“Untuk distribusi logistik ke wilayah pegunungan dan pesisir pada H-7, perkotaan dan lokasi khusus masih dapat dijangkau sehingga pada H-3 baru dilakukan pergeseran logistik,” ujarnya lagi.