Scroll untuk baca artikel
Ads
Politik

KPU Mimika: Satu bakal Calon Bupati independen berkonsultasi

×

KPU Mimika: Satu bakal Calon Bupati independen berkonsultasi

Sebarkan artikel ini

Timika, (TORANGBISA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan satu bakal calon bupati telah datang berkonsultasi guna mengecek persyaratan untuk maju melalui jalur perseorangan (independen).

Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Mimika Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy di Timika, Kamis, mengatakan pihaknya telah membuka pendaftaran calon bupati jalur independen dan pendamping Philipus Munaweyau telah datang berkonsultasi ke KPU.

Ads

“Rabu 8 Mei 2024, pendamping dari Philipus Munaweyau yang mendatangi Kantor KPU Mimika untuk melakukan konfirmasi persyaratan,” katanya.

Menurut Fransiskus, pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju melalui jalur perseorangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Mimika, wajib menyerahkan sebanyak 23.700 bukti dukungan.

“Dukungan tersebut dalam bentuk salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan form surat dukungan warga, diserahkan sejak 8 hingga 12 Mei 2024,” ujarnya.

Koordinator Divisi Data KPU Kabupaten Mimika Budiono menjelaskan, usai mendaftar semua surat pendukung tersebut akan diverifikasi administrasi dan faktual.

“Kami akan cek langsung ke distrik terkait kebenaran atas dukungan tersebut, agar jangan sampai dari ribuan surat itu jangan ada satu orang dua surat,” katanya.

Dia menambahkan, setelah syarat dukungan dinyatakan lengkap dan valid, maka selanjutnya akan melakukan pendaftaran bersama pasangan calon pada Agustus 2024.

“Jadi jadwal pendaftaran perseorangan akan sama juga dengan calon yang diusung oleh partai politik, arahan KPU RI seperti itu maka kami menyesuaikan,” ujarnya.

Ads