Info Terbaru

Karantina Papua Tengah periksa Bibit Tanaman Begonia tujuan ke Batam

×

Karantina Papua Tengah periksa Bibit Tanaman Begonia tujuan ke Batam

Sebarkan artikel ini
 

TIMIKA, (torangbisa.com) — Kantor Karantina Hewan, Tumbuhan, dan Ikan Provinsi Papua Tengah memeriksa bibit tanaman Begonia sebelum dibawa keluar daerah dengan tujuan Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pejabat Karantina Papua Tengah Agustina melalui rilis kepada TORANGBISA di Timika Jumat mengatakan, Begonia merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bentuk dan warna daun yang variatif.

Ads

“Tanaman ini memiliki bentuk dan warna daun yang variatif sehingga mudah diaplikasikan dengan berbagai gaya interior dan eksterior rumah,” katanya.

Menurut Agustina, perawatan tanaman ini relatif mudah sebab tidak membutuhkan banyak air, sifatnya juga mudah dibentuk dan diatur arah tumbuhnya.

“Keunikan warna serta sifat tanaman jenis ini yang menyebabkan banyak orang suka untuk memeliharanya menjadi hiasan rumah,” katanya.

Dia menjelaskan, pejabat Karantina memeriksa fisik untuk memastikan kesesuaian jumlah dan tanaman Begonia ini sehat secara klinis.

“Tanaman Begonia tersebut sehat secara klinis sehingga dapat diterbitkan Sertifikat Kesehatan Antar Area – K-12,” katanya lagi.

Dia menambahkan, jika masyarakat akan membawa media tanaman, hewan ataupun ikan keluar daerah atau masuk ke Papua Tengah, agar melaporkan ke Karantina pada wilayah kerja terdekat.

“Hewan, tumbuhan maupun Ikan akan diperiksa dengan teliti oleh pejabat Karantina, dan jika media pembawanya bebas Organisme Pembawa Penyakit Karantina maka akan diterbitkan Sertifikat K-12,” katanya.