Scroll untuk baca artikel
Ads
Nasional

Kapolda Papua: 8.617 Personel Bakal Disiagakan untuk Pengamanan Pemilu 2024

×

Kapolda Papua: 8.617 Personel Bakal Disiagakan untuk Pengamanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K

JAYAPURA, (torangbisa.com) – Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K menyampaikan terkait dengan logistik Pemilhan Umum (Pemilu) 2024 yang telah tiba di empat Provisi yakni di Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Hal itu disampaikan Kapolda Papua saat diwawancarai oleh awak media di Lobby Utama Mapolda Papua lama, Kota Jayapura, Selasa (23/01/2024).

Ads

Kapolda meminta kepada Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si., dan Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha untuk mengecek apakah semua logistik Pemilu telah di distribusikan ke Kabupaten atau Kota yang ada di wilayah Papua.

“Saya minta karena di 2 minggu terakhir, untuk lihat dan mengecek betul logistik Pemilu apakah semua sudah didistribusikan ke daerah-daerah,” ucap Kapolda Papua.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan kepada para Ketua KPU khusus daerah-daerah rawan untuk berdiskusi bersama untuk mencari titik dimana memungkinkan untuk masyarakat bisa memberikan hak pilihnya.

“Jangan kita paksakan Daerah yang sudah rawan kita taruh lagi di Daerah rawan karena akan beresiko bagi keselamatan petugas baik aparat keamanan maupun petugas KPPS,” tutur Kapolda Papua.

Selain itu, berkaitan dengan jumlah personel pengamanan, Kapolda telah mempersiapkan perkuatan sebanyak 8.617 personel yang akan memback up pengamanan TPS yang akan di gelar di hari H.

“Tentunya backup perkuatan ini kan saya sudah mempersiapkan nanti secara bergilir ke Polres Jajaran baik perkuatan Polda Papua yang berjumlah 2000 sekian ini akan kita geser ke Polres Jajaran untuk memperkuatnya agar menjadi 4000 personel,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya juga ada pasukan cadangan dari TNI sekitar 700 personel yang sudah dipersiapkan untuk turut membantu Polda Papua.

“Saya sudah mendapat tambahan back up perkuatan juga kemarin sekitar 600 setelah bintara baru kita khusus untuk Polres Jajaran yang tidak rawan saya juga kirim mereka dua minggu lalu untuk menjadi apa mengganti menjaga di Polres-Polres,” ungkapnya.

“Sedangkan untuk Brimob Nusantara telah ada 5 kompi untuk membantu perkuatan Polda Papua dan 2 minggu kedepan sudah mulai bergeser ke Polres Jajaran yang ada di wilayah hukum Polda Papua,” tambahnya.

 

Ads