Info Terbaru

Dinkes Hewan Mimika siapkan Serum Konvalesan ternak babi

×

Dinkes Hewan Mimika siapkan Serum Konvalesan ternak babi

Sebarkan artikel ini
 

TIMIKA, (torangbisa.com) — Kesehatan (Dinkes) Hewan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyiapkan serum konvalesan bagi ternak babi  guna mencegah penyebaran virus pada ternak ini.

Kepala dinas Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani di Timika, Selasa, mengatakan peternak babi dapat datang ke dinas tersebut untuk mengambil serum konvalesan melakukan penyuntikan mandiri pada ternak.

Ads

“Kami minta para peternak babi datang ke Kantor dinas Kesehatan Hewan Mimika untuk mengambil serum serta melakukan penyuntikan mandiri guna mencegah penyebaran virus Asian Seine Fever (ASF),” katanya.

Menurut Sabelina, pemberian serum ini bertujuan untuk mencegah agar virus ASF tidak menyebar, sebab jenis virus ini dapat hidup juga pada benda mati.

“Data yang kami miliki tercatat jumlah ternak babi di Kabupaten Mimika ada sebanyak 11.000 populasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan harapan pihaknya semoga serum yang dimiliki akan cukup untuk diberikan pada ternak babi yang ada yakni 11.000 populasi.

“Kenapa kami meminta peternak untuk menyuntikan secara mandiri karena kami kehabisan baju APD medis, dan kit sudah meminta ke dinas kesehatan tetapi masih kosong,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga sudah meminta baju APD ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika tetapi kosong juga sehingga para peternak dapat memahami kondisi ini.

“Kami harap peternak dapat memahami petugas saat masuk kandang harus mengunakan baju APD lengkap,” ujarnya lagi.