Scroll untuk baca artikel
Ads
Ekonomi

Dinas Perikanan beri bantuan booth kontainer ke pedagang ikan asap

×

Dinas Perikanan beri bantuan booth kontainer ke pedagang ikan asap

Sebarkan artikel ini

Jayapura, (TORANGBISA) –  Dinas Perikanan Kota Jayapura, Papua menyerahkan bantuan delapan booth kontainer bagi mama-mama Papua penjual ikan asap di Pasar Mama-Mama Papua.

Kepala dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi di Jayapura, Jumat, mengatakan selain booth kontainer pihaknya juga memberikan bantuan kotak pendingin (cool box) dan kantong kemasan ikan asar bagi pedagang mama-mama Papua.

Ads

“Bantuan tersebut bertujuan supaya mama-mama pedagang khususnya penjual ikan asap merasa lebih nyaman dalam berjualan dan lebih menarik lebih banyak pembeli karena meja jualan yang selama ini digunakan kurang efektif,” katanya.

Menurut Sibi, anggaran bantuan tersebut bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) 2024 sehingga pihaknya juga akan memberikan bantuan kepada penjual ikan asar di tempat lain dengan demikian para pedagang bisa menjual hasil produk dengan lebih baik lagi.

Dia menjelaskan ada dua mama-mama Papua penerima bantuan telah memiliki sertifikat Good Manufacturing Practices (GMP) di mana sertifikat tersebut diberikan kepada pelaku usaha yang telah menerapkan GMP.

“Selain cara pengolahannya, sertifikat GMP juga menilai dari cara bagaimana proses mengasap ikan, kebersihan, fasilitas sanitasi yang sudah sesuai dengan standar produk makanan berkualitas.

“Sertifikat ini juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap komunitas perikanan higienis dan layak konsumsi semua usia,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap melalui pemberian bantuan tersebut dapat memberikan manfaat serta mendukung usaha dari mama-mama Papua yang menjual ikan maupun pengolah ikan di Kota Jayapura.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan pihaknya berharap ke depan bantuan serupa juga bisa diberikan kepada pedagang mama-mama Papua.

“Kami juga akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga usaha mereka semakin berkembang,” katanya.

Ads