AdveditorialPemerintahan

Tingkatkan Kapasitas Anggota Tagana, Dinsos Gelar Pelatihan Dasar

×

Tingkatkan Kapasitas Anggota Tagana, Dinsos Gelar Pelatihan Dasar

Sebarkan artikel ini

Timika, (TORANGBISA) – Puluhan anggota Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Mimika mendapatkan pelatihan dasar (Muda) tanggap darurat kebencanaan.

Pelatihan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua Tengah melalui Dinas Sosial Senin, (23/9/2024).

Ads
Iklan ini dibuat oleh admin torangbisa

Kegiatan yang digelar di sebuah hotel ini bertujuan  untuk melatih kemampuan anggota TAGANA muda yang termasuk dalam pilar Dinas Sosial Kabupaten Mimika dengan peran dalam penanggulangan bencana.

Pj. Bupati Mimika yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Petrus Yumte dalam sambutannya mengatakan, pelatihan Tagana dasar ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kapasitas sumberdaya manusia dalam penanganan bencana, baik dari segi pencegahan, mitigasi, evakuasi, hingga penanganan korban bencana.

Dikatakan, melalui pelatihan ini peserta bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi relawan yang siap siaga dan tanggap dalam setiap situasi darurat.

Oleh karena itu, peran Tagana sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana menjadi sangat penting. Melalui pelatihan ini, semua akan mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang mitigasi bencana, penanganan darurat dan rehabilitasi pasca bencana.

“Ingatlah, kesiapsiagaan kita hari ini akan menentukan keberhasilan kita dalam menghadapi situasi darurat di masa mendatang,” ujarnya.

Petrus juga mengajak kepada seluruh peserta untuk serius dan sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini.

“Gunakan kesempatan ini untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan, agar nantinya dapat diterapkan secara optimal di lapangan,” tambahnya.

Menurutnya, para peserta dapat menjadi bagian dari solusi dalam upaya penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Mimika.

“Semoga pelatihan ini semakin mempererat semangat kebersamaan, solidaritas, dan dedikasi kita semua dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana,” tutupnya.