Nasional

Sambangi Gudang Logistik Pemilu, Kapolda Papua: Pengamanan dan Pengawalan KPU Prioritas Untuk Sukseskan Pemilu

×

Sambangi Gudang Logistik Pemilu, Kapolda Papua: Pengamanan dan Pengawalan KPU Prioritas Untuk Sukseskan Pemilu

Sebarkan artikel ini
 

JAYAPURA, (torangbisa.com) – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., beserta jajaran pimpinan Polda Papua, turun langsung untuk memeriksa kesiapan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Gudang Logistik Pemilu di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura pada Selasa (30/01).

 

Ads

Kapolda Papua menyampaikan tujuan kunjungannya adalah untuk memastikan keamanan dan kelancaran distribusi logistik Pemilu menjelang hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

 

Ia memberikan perhatian khusus pada wilayah Kabupaten Jayapura, terutama di beberapa distrik atau Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masih terpencil dan jauh dari pusat distribusi, yakni Kota Sentani.

 

Saat diwawancarai, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menekankan pentingnya pengecekan data logistik untuk memastikan kelengkapan dan ketersediaan barang pada hari-H.

 

“Distribusi logistik pemilu harus berjalan aman dan lancar, bahkan idealnya sudah selesai H-5 sebelum hari pencoblosan. Apabila terdapat kekurangan data, KPU Kabupaten Jayapura diminta segera melakukan permintaan agar pada hari-H tidak ada kendala yang mungkin terjadi,” ujar Kapolda.

 

Kapolda juga membahas kendala yang muncul terkait Gudang Logistik KPU Kota Jayapura, dimana barang logistik dari Kabupaten Pegunungan Bintang dikabarkan berada di gudang tersebut.

 

Dalam konteks ini, dirinya memastikan bahwa pihak kepolisian siap memberikan dukungan dan pengawalan terhadap distribusi logistik untuk memastikan kelancaran proses pemilu.

 

“Berbicara tentang kesiapan keseluruhan di Papua, kami menyatakan bahwa meskipun ada beberapa kendala, seluruh wilayah di Papua, termasuk daerah otonomi baru (DOB), telah sangat siap menghadapi Pemilu 2024,” ungkapnya.

 

Irjen Pol. Mathius mengakui adanya kendala yang berasal dari pusat percetakan menuju Papua, namun ia meyakini bahwa Pemilu di Papua tetap akan berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

 

Dalam konteks pengamanan, Kapolda menegaskan bahwa pihak kepolisian siap membantu dan mengawal KPU untuk mengatasi setiap masalah yang mungkin timbul menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu. Ini sesuai dengan nota kesepahaman antara Polri dan KPU RI.

 

“Kami akan mensupport teman-teman KPU baik itu pengawalan pengamanan fisik maupun barang menuju TPS sesuai mekanisme dan ketentuan yang telah disepakati,” tegasnya.

 

Kapolda Papua mengakhiri pernyataannya dengan menegaskan bahwa kendala saat ini dimaklumi, dan meskipun masih ada beberapa tantangan, Pemilu di Papua akan tetap berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

 

“Mereka membutuhkan waktu untuk kerja keras mempersiapkan sehingga penjadwalan pergeseran itu sesuai dengan ketepatan waktu,” tambah Kapolda Papua.