Politik

Pemkot Jayapura beri dana hibah ke KPU Rp26 miliar

×

Pemkot Jayapura beri dana hibah ke KPU Rp26 miliar

Sebarkan artikel ini
 



Jayapura (TORANGBISA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua menyerahkan dana hibah sebesar Rp26 miliar kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah ini.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura Deasy Wanggai, di Jayapura, Rabu, mengatakan penyerahan dana hibah tersebut sesuai kesepakatan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemkot Jayapura bersama KPU setempat.

Ads

“Jadi hari ini kami sudah mencairkan anggaran tahap pertama sebesar 40 persen atau senilai Rp26 miliar kepada kepada KPU Kota Jayapura untuk Pemilu 2024,” katanya.

Menurut Wanggai, pencairan dana hibah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, sehingga hari ini Pemkot Jayapura mencairkan dana hibah pada APBD Perubahan 2023.

“Dan pencarian tahap pertama sesuai juga kemampuan keuangan daerah pada 2023,” ujarnya.

Dia menjelaskan sementara anggaran untuk non tahapan yang digunakan untuk penyewaan gudang logistik sebesar Rp700 juta lebih

“Dan pada 2024 baru bisa dicairkan anggaran 60 persen untuk pemilu dan pilkada bagi KPU dan juga Bawaslu,” katanya lagi.

Dia menambahkan sementara untuk Bawaslu Kota Jayapura, pihaknya masih melakukan koordinasi bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, karena ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi untuk pencairan anggaran.

“Untuk itu kami berharap sebelum 30 November 2023 semua harus selesai supaya pencairan bisa dilakukan mengingat waktu untuk pencoblosan semakin dekat,” katanya lagi.

Berita ini telah tayang di TORANGBISAnews.com dengan judul: Pemkot Jayapura beri dana hibah Rp26 miliar kepada KPU