Scroll untuk baca artikel
Ads
Nasional

Tindaklanjuti MoU KPU RI dengan DPP JMSI, Pengda JMSI PPT segera Jalin Kerjasama dengan KPU Mimika

×

Tindaklanjuti MoU KPU RI dengan DPP JMSI, Pengda JMSI PPT segera Jalin Kerjasama dengan KPU Mimika

Sebarkan artikel ini
Pengurus Daerah JMSI Papua Tengah dan Komisioner KPU Kabupaten Mimika

TIMIKA, (torangbisa.com) — Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Papua Tengah melakukan audiens dengan KPU Mimika di Sekretariat KPU, Jalan Hasanuddin, Timika, Kabupaten Mimika, Senin (8/1/2023).

Audens JMSI Papua Tengah dengan pihak KPU Mimika dalam rangka menindaklanjuti MoU Nota Kesepahaman Nomor : 11/DP-PP/MOU/VIII/2022 tentang Sosialiasasi dan Penyebaran Informasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wak Bupati dan atau Walikota dan Wakil Wali Kota tahun 2024, antara Pengurus Pusat JMSI dengan KPU RI.

Ads

Hadir dalam audensi tersebut, pengurus JMSI Papua Tengah, Iwan Makatita (Ketua), Sekretaris Yosefin Dai Dore, Koordinator Sekretariatan dan Pendataan Anggota, Husyen Abdillah Opa, dan pengurus lainnya Jimmy Mulyono dan Zadrak Rayar.

Dalam audiens itu, Sekretaris JMSI Papua Tengah, Yosefina Dai Dore menjelaskan bahwa JMSI Papua Tengah terbentuk pada Oktober 2023 dan resmi dilantik di Jakarta oleh Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa pada 7 Desember 2023. JMSI Papua Tengah merupakan salah satu organisasi Media Online yang kini telah beranggota 18 media dsn beraviliasi langsung dengan Dewan Pers.
Dijelaskan tujuan awal pendirian JMSI di Indonesia yakni  ikut membantu komunitas pers nasional, membangun ekosistem pers nasional yang sehat dan profesional. Sehat dalam konteks kemampuan usahanya.

Tujuan ini juga yang menjadi tanggung jawab JMSI Papua Tengah.

Dijelaskan juga bahwa saat ini ada 18 media di Papua Tengah yang bergabung di JMSI yakni Fajarpapua.com, Torangbisa.com, Papua MCTV.com, Timikabisnis.com, Tabukanews.com, Cartenznews.com, Beritamimika.com, Halopapua.id, Suaramimika.com, Tambelonews.com, Salampapua.com, Antarpapua.com, Haksuara.com, Liputan4.com, Sasagupapua.com, Tadahnews.com, Papuaexpose.com dan Kabartanahpapua.com.

Sementara itu Ketua JMSI Papua Tengah, Iwan S. Makatita menjelaskan tujuan dilakukan audiens tersebut yakni menindaklanjuti MoU antara KPU RI dengan Dewan Pimpinan Pusat JMSI di Jakarta beberapa waktu lalu, tentang Sosialisasi dan Penyebaran Informasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati,  Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.
Sementara itu Ketua Bidang Kesekretariatan dan Penataan Anggota JMSI Papua Tengah, Husyen Abdila mengakui dengan kehadiran JMSI Papua Tengah salah satu tugasnya adalah bermitra dengan lembaga penyelenggara seperti KPU dan Bawaslu, dalam rangka turut berperan dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Menanggapi hal tersebut ketua KPU Kabupaten Mimika, Luther Beanal dan Sekretaris KPU Kabupaten Mimika, Rony Toisuta sangat mengapresiasi keberadaan JMSj Papua Tengah.

Kemudian terkait dengan tindak lanjut dari MoU antara KPU RI dengan DPP JMSI, menurut Sekretaris KPU Kabupaten Mimika, Rony Toisuta hal yang sangat baik dan akan segera ditindaklanjuti.

“Kita akan segera menyiapkan segala sesuatunya untuk menindaklanjuti MoU ini, prinsip saya akan pelajari MoU tersebut dan akan segera menjalin koordinasi demi saling mendukung tugas-tugas dalam rangka mensuskseskan penyelenggaraan pemilu di kabupaten Mimika” kata rony kepada para pengurus.

Dijelaskan, dari Nota kesepahaman  (Mou-red) antara KPU RI dan JMSI tentunya kita di daerah juga melakukan hal yang sama. Kami di daerah tinggal menambahkan beberapa poin saja dan akan segera melakukan MoU antara JMSI Papua Tengah dan KPU Mimika, ” ujar Rony menambahkan.

Ads