Adveditorial

Puskesmas Limau Asri Fokus Imunisasi Polio

×

Puskesmas Limau Asri Fokus Imunisasi Polio

Sebarkan artikel ini
Suasana di halaman Kantor Puskesmas Limau Asri, Timika, Papua Tengah

Timika, (Torangbisa.com) — Memantau tumbuh kembang anak agar terhindar dari risiko kekurangan dan melakukan imunisasi serta mendeteksi sejak dini terhadap kasus yang dialami ibu dan anak menjadi fokus dari Puskesmas Limau Asri yang berlokasi di SP5, Distrik Iwaka.

Plt. Kepala Puskesmas Limau Asri, Marince Elastotagam mengatakan, Puskesmas Limau Asri memiliki 4 puskesmas pembantu dan 1 klinik yang selalu melaksanakan posyandu bagi ibu dan anak.

Ads
Iklan ini dibuat oleh admin torangbisa

Namun saat ini, pihaknya tengah fokus pada pelayanan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio dosis 1 hingga 4, yang mana saat ini pelayanan imunisasi polio sudah memasuki pemberian dosis ketiga.

“Kalau kami punya kegiatan untuk posyandu itu tetap berjalan seperti biasa dan lancar seperti ada program baru yang sudah dilaksanakan saat ini,” kata Marince di sela-sela kegiatan dinas kesehatan di Kantor Distrik Iwaka, Senin (30/9/2024).

Ia mengakui pelayanan PIN Polio berjalan baik dan mendapat baik di puskesmas Limau Asri maupun di puskesmas pembantu baik yang berada di Kampung Pigapu, Kampung Naenuktipura, Kampung Iwaka, SP7 dan klinik di Kampung Wangirja.

“Dalam pelayanan kami dilapangan baik, lancar dan semua aman, tidak ada kendala yang kami alami,” ungkapnya.

Sementara itu ditanya terkait kasus stunting di wilayah Puskesmas Limau Asri. Kata Marince awalnya Puskesmas Limau Asri menemukan ada dua kasus, stunting, namun telah di tangani dengan baik sehingga kini berangsur-angsur membaik.

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan pengawasan untuk melihat tumbuh kembang kedua anak yang dikategorikan termasuk gizi buruk.

“Ada 1, 2 kasus uang sudah ditangani dan sekarang masih dalam pengawasan rutin, terimakasih juga kepada pihak-pihak yang sudah memberikan tambahan susu dan makanan tambahan,” kata Marince.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika yang terus bersama Puskesmas dalam memberikan dorongan semangat kepada tenaga kesehatan di puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Distrik Iwaka.

“Karena kurangnya pemahaman serta bahasa sehari-hari jadi itu kami yang harus mendekatkan diri kepada masyarakat, jadi kedepan itu yang akan kami lakukan,” ungkapnya.