Nasional

Pendaftar Lomba ‘Timika Night Run’ Mencapai 500 Lebih Peserta, OAP hingga Expatriat Ikut Ambil Bagian

×

Pendaftar Lomba ‘Timika Night Run’ Mencapai 500 Lebih Peserta, OAP hingga Expatriat Ikut Ambil Bagian

Sebarkan artikel ini
 

TIMIKA, (torangbisa.com)  – Pendaftar even ‘Timika Night Run’ (TNR) 2024 yang mengusung Tema Run, Party & Glow pada tanggal 27 Januari 2023 yang diselenggarakan oleh 1945 ProdCom tembus 500 orang lebih yang mendaftar sebagai peserta. Hal tersebut menunjukkan antusias warga Mimika dalam meramaikan kegiatan tersebut.

Kegiatan yang bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga lari tersebut diikuti oleh warga Mimika mulai dari Orang Asli Papua (OAP) hingga warga asing (Expatriat) yang berdomisili di Mimika, yang akan berlomba menempuh jarak sejauh 7 Kilo Meter.

Ads

Pelaksanaan Timika Night Run merupakan acara yang dibuat khusus bagi masyarakat Mimika, di dukung oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Intan Angkasa, Bugar Nutri Club, PT Jasti Pravita, POCARI SWEAT, Swiss-belinn Hotel, Marhani Digital, Horison Diana Hotel, Mulo, Diana Mall, Multindo, Lorenz Cafe dan MAC Car Wash sebagai sponsor.

Seluruh peserta Timika Night Run akan melakukan Start dari area Gelael Timika, jalan Budi Utomo, jalan Hasanudin, jalan Yos Sudarso dan finish kembali di Gelael. Selain lomba lari dengan hadiah jutaan rupiah dan 100 medali untuk finisher pertama, peserta juga berhak mendapatkan kupon doorprize dengan hadiah utama 1 unit Sepeda Motor.

Mustofa Abdulah CEO 1945 ProdCom selaku penyelenggara dalam konferensi pers di Cafe Mulo dijalan Budi Utomo Timika Kamis (25/1) mengatakan, event ini merupakam yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Mimika khususnya dan mungkin juga Papua pada umumnya. Apalagi, dengan tingkat kerawanan yang tentunya membutuhkan sistem keamanan yang ekstra.

Dengan demikian, TNR nantinya bakal menjadi parameter untuk jajaran kepanitiaan pada event-event selanjutnya.

“Timika Night Run pada awalnya kami cukup pesimis dengan kegiatan ini karena di Timika biasanya kegiatan yang berbayar ini sangat sulit untuk dilaksanakan. Tetapi saat ini membuktikan bahwa kegiatan berbayar pun jika dikelola dengan baik ternyata bisa menarik peserta,” terang Musthofa.

“Alhamdulillah event ini bisa menarik warga kota Timika khususnya para pecinta olahraga, para pecinta (olahraga) lari,” tambahnya.

Musthofa menyebut, terkait dengan pengamanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk melakukan pengamanan ekstra ketat pada hati pelaksanaan nanti di titik-titik yang dianggap rawan dengan jumlah personel sekitar 120 orang.

“Untuk persiapan menuju TNR kini sudah mencapai 80 persen. Sehingga panitia optimis, kegiatan ini dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan,”ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Aminudin mengungkapkan selain di dukung oleh sponsor juga di dukung oleh Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan, PSC 119, Polres Mimika, Pengcab PASI, KORMI Papua Tengah dan Mimika, Senkom, PMI dan RAPI.

“Terima kasih kepada pihak sponsor dan stakeholder yang susah mendukung even kami, tanpa dukungan pihak-pihak tersebut kegiatan kami tidak akan berjalan dengan baik. Kami juga mohon dukungan dan doa dari seluruh warga Mimika semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga selesai kegiatan ,”tuturnya.

Aminudin mengungkapkan kegiatan Timika Night Run merupakan murni karya anak-anak Timika untuk Kabupaten Mimika.

“Ini karya anak Timika, awalnya kami pesimis tetapi diluar dugaan kami dukungan dari berbagai pihak sehingga antusias pendaftar sangat banyak bahkan melebihi target yang kami tetapkan,”ungkapnya.