Halo Polisi

Segudang Prestasi hingga Keberhasilan Brigjen Dr Faizal Ramadhani selama menjadi Ka Ops Damai Cartenz 

×

Segudang Prestasi hingga Keberhasilan Brigjen Dr Faizal Ramadhani selama menjadi Ka Ops Damai Cartenz 

Sebarkan artikel ini

Timika, (TORANGBISA) — Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani,  yang merupakan salah satu Perwira tinggi di Kepolisian Repbulik Indonesia memiliki catatan prestasi yang gemilang di Tanah Papua.

Sejak dipercayakan menaungi Operasi Damai Cartenz sebagai Kepala Operasi (Kaops) dari Tahun 2023-2024 telah banyak keberhasilan yang dicapainya.

Ads
Iklan ini dibuat oleh admin torangbisa

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, dalam keterangannya yang diterima media ini menyebutkan sejumlah rangkaian keberhasilan yang dicapai oleh Satgas Ops Damai Cartenz selama kepemimpinan Brigjen Dr. Faizal Ramadhani. keberhasilan tersebut diantaranya:

Pada bulan Febuari 2023, Tim Gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 15 pekerja bangunan yang diancam oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya bertempat di Distrik Paro Kab. Nduga.

Dua bulan berikutnya, Satgas Damai Cartenz berhasil mengamankan 1 orang terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Kab. Puncak. Selain itu, Satgas Damai Cartenz gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan 2 pucuk senjata api laras panjang dan 1 pucuk senjata laras pendek beserta ratusan butir amunisi di Area Camp Simal Kab. Nduga.

Pada bulan Mei 2023, Satgas Damai Cartenz berhasil melakukan penagkapan terhadap saudara Anis Taplo yang berprofesi sebagai jaringan senjata dan amunisi Kab. Pegunugan Bintang dan juga berhasil mengamankan Kopitua Heluka KKB Yahukimo yang diduga merupakan pelaku pembunuhan dikilo 7 lokpon Kab. Yahukimo.

Berselang sebulan kemudian, Tim Gabungan Satgas Damai Cartenz dan Polres Kep. Yapen berhasil menggerebek dan menduduki markas KKB di kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo Kab. Kepulauan Yapen.

“Penggerebekan tersebut berawal dari serangkaian aksi KKB yang membakar alat berat dan pengibaran bendera bintang kejora”, ujar Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno.

Lanjutnya, pada bulan Agustus 2023, Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo kembali berhasil menggerebek markas KKB Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopitua Heluka bertempat di belakang Kantor Bupati Yahukimo dan terjadi kontak senjata antara Personel Satgas Damai Cartenz. Dalam kontak tersebut sebanyak 2 anggota KKB Mati.

Masuk pada bulan September, Aparat Gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil menembak mati 2 anggota KKB yang terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan pada 11 September 2023.

“Kontak tembak tersebut diawali dari terjadinya aksi pembakaran bangunan perumahan nakes RSUD Ilaga yang diduga dilakukan oleh KKB Puncak”, terang Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno.

Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, kembali mejelaskan bahwa, pada akhir bulan September tepatnya pada tanggal 30 September 2023, Satgas Damai Cartenz berhasil menembak mati 5 orang anggota KKB yang bertempat di Kampung Mondusit Disktrik Serambakon Kab. Pegunungan Bintang dan berhasil mengamankan 2 pucuk senjata laras panjang dan 2 pucuk senjata laras pendek.

“Brigen Pol. Faizal Ramadhani diakhir jabatannya sebagai Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz pada Tahun 2023 silam berhasil menangkap 3 anggota KNPB yang merupakan terduga pembunuhan aktivis perempuan Papua Michelle Kurisi Doga di Kab. Jayawijaya, ” pungkasnya.

Selama pelaksanaan operasi satgas damai cartenz-2023 berhasil menangkap 33 orang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), berhasil menewaskan 19 kkb, terdapat 32 senjata yang berhasil disita, 1.279 butir amunisi, 25 magasen, 107 alat komunikasi, 31 bilah senjata tajam, 334 barang lainnya termasuk atribut, bendera dan lain-lain serta berhasil menduduki dan menguasai sebanyak 42 titik markas KKB.

Lebih Lanjut, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno menerangkan, Masuk pada Tahun 2024, Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani, kembali dipercayakan untuk melanjutkan tugasnya sebagai kepala Operasi Damai Cartenz-2024.

“Dengan cara kepemimpinannya dan strategi yang begitu profesional, Operasi Damai Cartenz di Tahun 2024 mampu melampaui catatan keberhasilan di tahun sebelumnya, ” tutur Kasatgas Humas Damai Cartenz-2024.

Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, dalam keterangannya kembali menerangkan bahwa, sejak 21 Januari 2024, sebanyak 5 anggota KKB dilaporkan tewas dalam kontak tembak dengan pasukan gabungan TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya dan pada 23 januari 2024, Satgas Damai Cartenz-2024 Kembali berhasil menembak mati 1 anggota KKB wilayah Intan Jaya atas nama Harisatu Nambagani saat kontak tembak terjadi di pos tower Tigamajigi, Sugapa, Kab. Intan Jaya.

Selain itu juga, 5 (Lima) keberhasilan yang dicapai pada bulan Febuari Tahun 2024.

Yang pertama, pada tanggal 3 Februari 2024, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil

mengamankan 3 anggota KKB di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

“Dalam peristiwa tersebut, 1 KKB tewas atas nama Warinus Murib dan 2 KKB lainya Diamankan yakni KKB (AM) dan KKB (DK),”pungkasnya.

Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, menjelaskan, 4 (Empat) hari berselang Satgas Ops Damai Cartenz-2024, berhasil membawa terdakwa atas nama Penihas Heluka alias Kopi Tua Heluka ke Pengadilan Negeri Wamena Kelas IIA karena terbukti secara sah terlibat dalam kasus pembunuhan terhadap Pratu Eka Johan Kaize di Perum Pemda Yahukimo Dan Brigadir Usdar di depan Bank BRI unit Dekai, yahukimo.

Selanjutnya, Pada minggu 18 Februari 2024, 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama ALENUS TABUNI alias KOBUTER diamanakan oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga Kabuapten Puncak saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan puskesmas Distrik Ilaga.

Pada 20 Februari 2024, tepatnya di Hotel Lavela In, Mimika, Satgas Ops Damai Caetenz-2024 Berhasil Mengamankan seorang anggota KKB, EPSON NIRIGI yang berperan sebagai penyuplai amunisi dan senjata api kepada kelompok KKB Kodap III Ndugama, Pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Mimika, Papua Tengah dan diakhir bulan Pada Kamis 22 Februari 2024, Aparat Gabungan TNI-Polri Satgas Damai Cartenz-2024 dan Satgas Yonif 7 Marinir Yahukimo Berhasil melakukan penindakan di Area Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

“Dalam Peristiwa itu, Tim gabungan berhasil melumpuhkan 1 orang yang diduga merupakan anggota KKB serta mengamankan 2 orang saksi di TKP penindakan, ” terang Bayu Suseno.

 

Lanjutnya, pada bulan Maret 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, berhasil tangkap 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, atas nama Jukius Tabuni (32 tahun) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Sebulan kemudian, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 bersama Satgas Amole 2024 dan Satgas Nanggala berhasil menembak mati 2 anggota KKB wilayah Mimika yang diduga Abubakar Kogoya atau (ABK), dan Demianus Magay (DM) di sekitar Kali Kabur, Mile 69 Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika

Pada Senin 8 April 2024, Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil mengamankan satu orang KKB atas nama Bui Wonda alias Bossman Wenda terkait senjata dan amunisi dan Pada Kamis, 11 April 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 Wilayah Yahukimo berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB aktif kelompok Kopi Tua Heluka dan kelompok Yotam Bugiangge. Mereka adalah Afrika Heluka, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Yotam Bugiangge.

Pada bulan Mei 2024, Personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz-2024 mendampingi tim Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Nduga Provinsi Papua Pegunungan melimpahkan tersangka EN alias Epson Nirigi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Wamena Kabupaten Jayawijaya dan juga berhasil mengamankan seseorang yang diduga sebagai pelaku pembunuhan Almarhum Danramil 1703- 4/Aradide, Lettu (Anm.) Oktovianus Sogalrey yang tertangkap Tengah membawa kabur telepon genggam milik korban.

Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, menerangkan, selanjutnya, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil membekuk anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Lupa Waker alias Lupa Walo, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Tidak hanya itu, Aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 kembali berhasil Menembak Mati 1 Anggota KKB atas nama, Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya yang merupakan Ajudan pimpinan KKB Undius Kogoya, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

“Dibulan Juni 2024, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap “M.O” saat hendak melakukan transaksi jual beli senjata di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura dan juga Satgas Ops Damai Cartenz-2024, telah berhasil menangkap Petrus Oyaitouw berusia 74 tahun (petani) di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura terkait kasus kasus jual beli senjata api di Jayapura, ” terang Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno.

Lanjutnya, pada tanggal 7 Juni, Satgas Damai Cartenz berhasil menangkap Sarius Indey, Tersangka Baru Kasus Senjata Api di Hamadi, Kampung Nelayan, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Seminggu kemudian Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua berhasil menduduki Markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida Kabupaten Paniai.

“Tidak berhenti disitu, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan TNI-Polri berhasil menembak mati satu KKB disekitar markas KKB di Distrik Bibida, Paniai, yang diduga merupakan KKB dari kelompok KKB Undius Kogoya,” Ujar Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno.

Pada Juli 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, berhasil menangkap Satu KKB atas nama Basoka Lawiya yang merupakan KKB Kodap VIII Intan Jaya Pimpinan Undius Kogoya di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupeten Nabire, Papua Tengah Dan pada Agustus 2024, Aparat Gabungan TNI-Polri satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil mengevakuasi Jenazah pilot helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning dari Distrik Alama ke Timika.

Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno. Menambahkan, Pada Kamis 8 Agustus 2024 hingga Sabtu 10 Agustus 2024, Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Satgas Amole, dan Anggota Brimob Batalyon B Pelopor Polda Papua, Berhasil melakukan pengibaran bendera Merah Putih di puncak Gunung Cartensz, titik tertinggi Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut dalam rangka Menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

“Tidak hanya sampai disitu, tepatnya di hari Kemerdekaan RI Ke 79, Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap dan mengamankan DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga, Rife Kerebea, alias Erik, alias Trisna Telenggen yang merupakan orang kepercayaan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Tengah,” tutur Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, menambahkan bahwa keberhasilan yang dicapai oleh Satgas Ops Damai Cartenz selama kepemimpinan Brigjen Dr. Faizal Ramadhani telah berjalan dengan sangat maksimal. Hal ini terlihat dari tindakan tegas terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebabkan banyak anggota KKB berhasil dilumpuhkan, dan beberapa di antaranya tewas dalam operasi Damai Cartenz di Papua.

“Selain itu, anggota KKB yang ditangkap telah menjalani proses hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tutup Bayu

Ads