Scroll untuk baca artikel
Ads
Info Terbaru

GOW Kota Jayapura dan KPU sosialisasi pemilu ke pemilih pemula

×

GOW Kota Jayapura dan KPU sosialisasi pemilu ke pemilih pemula

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

Jayapura (TORANGBISA) – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Jayapura, Papua dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menyosialisasikan pemilu bagi pemilih pemula, Kamis.

“Pemilih pemula merupakan kunci atas suksesnya penyelenggaraan pemilu sehingga melalui kegiatan ini mereka dapat menggunakan hak pilih saat pencoblosan,” kata Ketua Panitia peringatan Hari Ibu ke-59 tingkat Kota Jayapura Johana Siahaya saat diskusi panel dalam rangka memperingati Hari Ibu Jayapura.

Ads

Menurut Siahaya, apalagi jumlah pemilih pemula di Kota Jayapura sebanyak 60 persen dari total jumlah pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT) daerah tersebut.

“Sehingga kami mengundang para siswa SMA/SMK SE Kota Jayapura untuk mengikuti sosialisasi ini sebab sangat penting bagi mereka untuk mengetahui proses penyelenggaraan pemilu,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain sosialisasi kepada pemilih pemula pihaknya juga mengangkat isu kesetaraan gender, pencegahan stunting dan mencegah korupsi dalam diskusi panel tersebut.

“Semua sangat penting karena merupakan program strategis nasional sehingga melalui forum ini diharapkan perempuan di Kota Jayapura lebih aktif dalam mengawal isu nasional,” katanya lagi.

Divisi Perencanaan data dan Informasi KPU Kota Jayapura Gresdina Ursia mengatakan pihaknya berharap dengan dilaksanakannya sosial tersebut pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu

Dia menjelaskan jumlah DPT di daerah itu pada pemilu 2024 sebanyak 258.082 orang namun data tersebut belum final dan pada 30 Januari 2024 baru ditetapkan.

“Karena untuk memastikan warga yang pindah domisili atau yang sudah memiliki KTP-el Kota Jayapura namun belum terdaftar dalam DPT untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPTb),” katanya.

Berita ini telah tayang di TORANGBISAnews.com dengan judul: GOW Kota Jayapura dan KPU sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula

Ads